Capai Inflasi Terendah di Sultra

  • Bagikan
Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba.(FOTO. IST)
Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba.(FOTO. IST)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Persentase inflasi di Kabupaten Konawe pada Juni 2024 lalu, menunjukkan tren yang sangat baik. Begitupun dengan indeks harga konsumen (IHK) periode bulan tersebut. Data Badan Pusat Statistik (BPS) Konawe mencatat, pada Juni 2024 terjadi inflasi year on year (y-on-y) di daerah itu 1,51 persen, serta IHKIHKIHK sebesar 107,26.

Pada bulan yang sama, tingkat inflasi year to date (y-to-d) Konawe sebesar 0,64 persen. Sedangkan untuk tingkat deflasi month to month (m-to-m) tercatat 0,52 persen. Dari data itu, inflasi Konawe pada Juni 2024 tergolong dalam kategori terkendali dan terendah dibandingkan kabupaten/kota lain se-Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, mengatakan, keberhasilan menekan laju inflasi dilakukan dengan mengoptimalkan sejumlah hal. Salah satunya, melalui operasi pasar guna memantau sekaligus menstabilkan harga bahan pokok di otoritanya.

“Terima kasih atas kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Konawe dalam capaian penurunan inflasi. Ini bentuk kekompakan dalam mendukung data inflasi,” ujarnya, Rabu (3/7).

Harmin Ramba menuturkan, selain inflasi, Konawe juga mengalami deflasi month to month (m-to-m) pada Juni 2024 diangka 0,52 persen. Katanya, deflasi mengakibatkan harga barang secara umum mengalami penurunan dan nilai uang bertambah. “Perekonomian di Konawe juga mengalami deflasi. Dan ini akan menunjukkan gejala harga-harga dan upah menurun,” imbuhnya. (b/adi)

  • Bagikan

Exit mobile version