Misi Yusup Menjaga Kendari Tetap Aman

  • Bagikan
LAUNCHING: Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup memberikan sambutan saat launching program Siskamling di Pelataran Eks MTQ Kendari, Selasa (2/7/2024). (Agus Setiawan/Kendari Pos)
LAUNCHING: Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup memberikan sambutan saat launching program Siskamling di Pelataran Eks MTQ Kendari, Selasa (2/7/2024). (Agus Setiawan/Kendari Pos)

--Pj Wali Kota Launching Program Siskamling

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup meluncurkan program Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di Pelataran Eks MTQ, Selasa (2/7/2024). Program ini merupakan salah satu misi Muh Yusup menjaga Kota Kendari supaya tetap aman.

Launching program Siskamling dilaksanakan saat apel gabungan seluruh ASN, lingkup Kota Kendari bersama Ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), Camat, Lurah, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Ketua RT/ RW se-Kota Kendari.

Muhammad Yusup menjelaskan, keamanan dan ketertiban adalah investasi yang merupakan tanggung jawab bersama, dan pada hakekatnya membutuhkan sinergi seluruh komponen masyarakat.

“Pemerintah dan masyarakat harus bersatu padu, bekerja sama mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas),” ungkap Muh Yusup, Selasa (2/7/2024).

Lanjut dia, gangguan kamtibmas sangat rentan terjadi. Apalagi menjelang pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, November mendatang.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ini menambahkan, menjaga keamanan dan ketertiban bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan dan penegak hukum, namun sangat dibutuhkan peran serta masyarakat, dalam rangka menjaga kondusivitas wilayah.

“Salah satu langkah, menjaga lingkungan tetap aman dan tertib adalah dengan menghidupkan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling) di lingkungan masing-masing,” jelasnya.

Mantan Pj Bupati Konkep ini mengajak semua pihak, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, karang taruna, perangkat kelurahan dan seluruh masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan program Siskamling ini.

Selain untuk menjaga keamanan dan ketertiban, Siskamling juga bermanfaat menjaga silaturahmi dan memperkuat persatuan, sehingga tercipta masyarakat yang rukun dan kompak.

“Kegiatan Siskamling, juga merupakan salah satu upaya masyarakat mencintai tanah airnya. Karena Siskamling merupakan salah satu bentuk bela negara,” terangnya.

Mantan Pj Bupati Buton Tengah ini yakin, melalui program Siskamling ini juga, pihaknya bisa mengkoordinasikan langkah-langkah strategis guna menjaga situasi yang kondusif, meminimalisir potensi kerusuhan, dan melindungi hak warga dalam menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2024 mendatang.

“Keberhasilan Pilkada yang demokratis dan adil, sangat bergantung pada partisipasi aktif semua pihak terkait,” ungkap Yusup.

Lebih jauh Muh Yusup menjelaskan, kolaborasi dan sinergi berbagai pihak untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban lingkungan, tidak hanya karena momen Pilkada. Tetapi harus terus berlanjut dalam rangka mewujudkan Kota Kendari yang aman, nyaman dan bahagia. “Itu yang kita harapkan,” imbuhnya. (b/ags)

  • Bagikan

Exit mobile version