Kolaborasi Memajukan Pendidikan Sultra

  • Bagikan
SALAM LITERASI: Kepala BPMP Sultra, Junaiddin Pagala (empat dari kanan) menerima kunjungan silaturahmi Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin (tengah) beserta jajaran manajemen Kendari Pos di Kantor BPMP Sultra, Selasa (2/7/2024). Usai diskusi, sempatkan foto bersama. (Muh Abdi Asmaul/Kendari Pos)
SALAM LITERASI: Kepala BPMP Sultra, Junaiddin Pagala (empat dari kanan) menerima kunjungan silaturahmi Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin (tengah) beserta jajaran manajemen Kendari Pos di Kantor BPMP Sultra, Selasa (2/7/2024). Usai diskusi, sempatkan foto bersama. (Muh Abdi Asmaul/Kendari Pos)

--Kendari Pos dan BPMP Sultra Komitmen Bersinergi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) membuka ruang kolaborasi dengan unsur media, dalam upaya memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan di Bumi Anoa.

Rencana membangun sinergi, menjadi salah satu topik hangat pembicaraan Kepala BPMP Sultra, Junaiddin Pagala saat menerima kunjungan silaturahmi Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin beserta jajaran manajemen Kendari Pos di Kantor BPMP Sultra, Selasa (2/7/2024).

Junaiddin Pagala menjelaskan, BPMP Sultra membutuhkan stakeholder terkait, khususnya media untuk bersama-sama (kolaborasi) meningkatkan mutu pendidikan di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Kendari Pos sebagai media pertama dan terbesar di Sultra, sudah beberapa kali menggelar Festival Budaya dan Literasi. Kedua kegiatan ini, sejalan dengan tugastugas kami di BPMP Sultra. Makanya, sangat tepat jika berkolaborasi,” ungkap Junaiddin Pagala.

Adanya kolaborasi dengan Kendari Pos, lanjut Junaiddin Pagala, maka nantinya, kegiatan BPMP Sultra, dapat terpublikasi dan informasinya sampai kepada masyarakat. Hal ini sangat mendukung program Merdeka Belajar.

“Publikasi terhadap kebijakan Merdeka Belajar, khususnya yang dikawal BPMP Sulawesi Tenggara (Sultra) perlu dilakukan secara masif. Salah satunya lewat kolaborasi dengan media,” jelasnya.

Lebih jauh Junaiddin Pagala menjelaskan, BPMP Sultra mengawal sekira 6.400 orang dalam rangka melaksanakan penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan, mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP hingga SMA.

“Dalam melaksanakan dan meningkatkan mutu pendidikan, Kendari Pos dapat mengambil peran dengan mempublikasikan kegiatan tersebut,” ujarnya.

Junaiddin berharap, kolaborasi dengan Kendari Pos dapat turut andil dalam proses penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan di Sultra. Khususnya dalam publikasi.

Di tempat yang sama, Direktur Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengatakan, sebagai media mainstream, Kendari Pos turut mengambil peran dalam peningkatan mutu pendidikan di Sultra.

“Kendari Pos bukan hanya sebagai media publikasi, tapi juga menawarkan berbagai gagasan untuk berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan Sulawesi Tenggara (Sultra),” ungkap Irwan Zainuddin.

Menurut Irwan, dalam prosesnya, tentu Kendari Pos tidak bisa berjalan sendiri, dalam mendukung kemajuan pendidikan Sultra. Butuh kolaborasi dengan stakeholder terkait, seperti Sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, BPMP Sultra dan lain sebagainya.

Bentuk kontribusi Kendari Pos dalam mendukung kemajuan pendidikan Sultra, dengan menggelar berbagai kegiatan bertema budaya dan literasi. Salah satunya adalah Festival Budaya. Menurut Irwan, tujuan kegiatan tersebut, untuk menghidupkan kembali dan memperkenalkan budaya Sultra kepada kaum milenial.

“Dalam kegiatan tersebut, ada lomba pidato yang melibatkan siswa tingkat SMA. Dalam pidatonya, siswa menggunakan ragam bahasa daerah yang ada di Sultra. Melalui kegiatan ini, secara tidak langsung, kami memperkenalkan budaya yang ada di Sultra,” terangnya.

Selain itu, dalam rangka meningkatkan literasi siswa di Sultra, Kendari Pos juga menggagas Kendari Pos Road To School. Kegiatan ini merupakan, salah satu upaya mengembalikan daya tarik membaca siswa.

“Kemajuan teknologi, tidak semuanya berdampak positif bagi generasi milenial. Literasi mereka semakin melemah. Makanya, kami mencoba mengambil peran melalui kegiatan Kendari Pos Road To School,” terangnya.

Irwan menegaskan, Kendari Pos siap berkolaborasi dengan siapa saja, dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Sultra. (b/win)

  • Bagikan

Exit mobile version