Edukasi Penerima PKH dan BPNT

  • Bagikan
Dinas Sosial Bombana menggelar penyuluhan dengan menyasar penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Rau-Rau, Kecamatan Rarowatu.

-- Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bombana menggelar penyuluhan dengan menyasar penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Rau-Rau, Kecamatan Rarowatu. Tujuannya, mengedukasi penerima manfaat program bantuan ekonomi dan memecahkan kendala terkait pencairan bantuan sosial itu.

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Bombana, Abdul Cholis, menjelaskan program bantuan usaha ekonomi bertujuan membantu keluarga miskin agar dapat mandiri secara ekonomi. Salah satu persyaratan untuk mengikuti program ini adalah kesediaan untuk mengundurkan diri sebagai penerima bantuan dari semua program bantuan sosial yang bersumber dari APBN. Langkah ini diambil untuk memastikan bantuan sosial dapat disalurkan kepada keluarga miskin lainnya yang belum tersentuh  program bantuan sosial.

"Melalui program ini, diharapkan para penerima manfaat dapat mengembangkan usaha mereka sendiri dan meningkatkan pendapatan, sehingga tidak lagi bergantung pada bantuan sosial," ujar Cholis kemarin.

Abdul Cholis juga menyebutkan salah satu persoalan yang kerap dihadapi adalah data penerima  bantuan yang mengalami kendala pencairan. Banyak peserta mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat mencairkan bantuan karena data mereka tidak valid atau belum diperbaharui. “Hal ini tentu menjadi perhaian kita bersama. Untuk itu kami meminta kepada sleuruh para peserta untuk selalu memeriksa status data mereka secara berkala melalui aplikasi SIKS NG Nasional, agar permaslahan dalam pendataan itu dapat diminimalisir,” terangnya.

Lebih lanjut, penyuluhan ini tidak hanya menjadi ajang untuk memberikan pemahaman mengenai program bantuan ekonomi, tetapi juga sebagai wadah untuk mendengarkan langsung masukan dari masyarakat terkait dengan kendala-kendala yang mereka hadapi dalam mendapatkan bantuan sosial.

“Diharapkan, dengan sinergi yang baik antara pemerintah dan masyarakat, program-program bantuan sosial di Kabupaten Bombana dapat memberikan dampak positif yang lebih luas bagi peningkatan kesejahteraan dan pembangunan ekonomi lokal” pungkasnya. (idh/b).

  • Bagikan