Lawan Berat Petahana

  • Bagikan

--Arhawi Kembali Tantang Haliana di Pilkada Wakatobi
--Sejumlah Nama Baru Juga Siap Berkompetisi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Bakal calon Bupati Wakatobi petahana, Haliana potensi menemui lawan berat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), 27 November 2024 mendatang. Sebab, rival lamanya di Pilkada sebelumnya, yang juga mantan Bupati Wakatobi, Arhawi sudah menyatakan kesiapan maju berkompetisi dalam perebutan takhta bupati.

Selain Arhawi, sejumlah nama beken juga siap menantang calon bupati petahana di Pilkada. Figur ini juga berpotensi menyulitkan Haliana dalam mempertahankan takhtanya. Mereka adalah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wakatobi Hamiruddin, ada wajah baru seperti Nur Saleh, Rusdin Haluddin dan La Ode Boa.

Meski sejumlah nama sudah menyatakan kesiapan maju, Bakal Calon Bupati petahana, Haliana mengaku tak gentar. Dia tak memikirkannya. Dia lebih fokus mengurus parpol yang akan menjadi kendaraan politiknya di Pilkada.

“Saya sudah mendaftar di sejumlah parpol. Saya optimis bisa mendapat dukungan mayoritas parpol untuk kembali maju di Pilkada,” ungkap Haliana.

Sejauh ini, Haliana sudah mendaftar di PDIP, Nasdem, Demokrat, Hanura hingga PKB. Selain mendapatkan rekomendasi parpol, Haliana juga optimis bisa melenggang ke periode keduanya sebagai Bupati Wakatobi.

“Dengan dukungan parpol dan masyarakat, saya yakin bisa terpilih di Pilkada,” ujarnya. Sementara itu, Arhawi yang juga Ketua DPD II Golkar Wakatobi, kembali membulatkan tekad maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wakatobi.

Arhawi mengaku diperintahkan DPP Golkar, untuk maju di Pemilihan Bupati Wakatobi. Tak hanya itu, DPP juga mengintruksikan, agar dirinya menjajal kekuatan dengan koalisi nasional Prabowo-Gibran saat Pemilihan Presiden 14 Februari 2024 lalu.

“Saya sudah berkomunikasi dengan petinggi Gerindra Sultra. Semoga bisa berkoalisi di Pilkada Wakatobi,” harap Arhawi.

Selain Gerindra, parpol lain yang juga diincar Arhawi adalah PAN, Demokrat, dan PBB. Partai tersebut adalah koalisi nasional pengusing Prabowo-Gibran di Pilpres. Dirinya sudah berkomunikasi dengan petinggi parpol tersebut.

“Dalam waktu dekat akan ada finalisasi. Dukungan parpol sebagai tiket atau pintu mendaftar di KPU 27 Agustus 2024 mendatang,” jelasnya.

Lanjut dia, setelah rampung kursi, akan deklarasi. Selanjutnya menguatkan konsolidasi dan sosialisasi intens di tengah masyarakat. “Syarat mendaftar bagi bakal calon kepala daerah di Wakatobi, minimal harus punya 5 kursi di parlemen,” terangnya.

“Partai Golkar 5 kursi, Gerindra 2 kursi, PAN 2 kursi dan Demokrat 1 kursi. Total 10 kursi yang In Syaa Allah akan bersama-sama memenangkan Pilkada Wakatobi,” tambahnya.

Nama lain yang juga mencuat dan ramai dibicarakan adalah Ketua DPRD Wakatobi, H Hamirudin. Dia juga telah mendeklarasikan diri maju pada Pilkada Wakatobi 2024.

Sebagai bentuk keseriusan maju Pilkada, Hamirudin telah mendaftar di beberapa parpol. Yakni, PDIP, Demokrat, Nasdem, PKB, PKS, Hanura dan lainnya. Ia bahkan menyebut, telah resmi mengantongi surat tugas dari empat parpol dengan akumulasi delapan kursi di DPRD Wakatobi.

“Hal ini penting untuk disampaikan. Karena berbagai informasi dan isu liar berkembang di masyarakat Wakatobi. Bahwa saya tidak jadi maju, dikarenakan tidak ada partai politik pengusung sebagai kendaraan saya di Pilkada 2024. Saya nyatakan sikap akan maju pada Pilkada Wakatobi 2024,” tegasnya, kemarin.

Bakal calon Bupati Wakatobi lainnya, Rusdin Haluddin juga tak mau kalah. Namanya mulai dikenal banyak orang. Baliho dan spanduknya bertebaran di mana-mana. Ia juga mendaftar di beberapa parpol. Diantaranya PAN, Demokrat, PKS dan beberapa parpol lainnya.

Pihaknya menyebut saat ini tetap dalam proses. Semua masih berjalan mulus dan masih bersabar menunggu kabar baik dalam waktu dekat ini.

Sekadar diketahui, pada pemilihan legislatif Februari lalu, sebanyak 25 nama ditetapkan sebagai calon terpilih yang siap menduduki kursi empuk DPRD Wakatobi. Diantaranya, PDIP sebanyak sembilan kursi, lima kursi untuk Partai Golkar, tiga kursi dari PAN, Partai Gerindra, Partai Nasdem, Partai Hanura masing-masing dua kursi serta PKB dan PKS masingmasing satu kursi. (thy/b)

KURSI PARPOL DPRD WAKATOBI HASIL PEMILU 2024

1.PDIP 9 Kursi
2.Golkar 5 Kursi
3.PAN 3 Kursi
4.Gerindra 2 Kursi
5.Nasdem 2 Kursi
6Hanura 2 Kursi
7.PKB 1 Kursi
8.PKS 1 Kursi

Total 25 Kursi

  • Bagikan