Muh Yusup Tingkatkan Keamanan Lingkungan

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muh Yusup
Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muh Yusup

--2 Juli Luncurkan Program Siskamling

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup benar-benar mewujudkan konsep pembangunan dengan tagline La Amba (LAngkah Aman nyaMan dan BAhagia). Pj Wali Kota Muh Yusup akan mengaktifkan kembali program Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). Apalagi menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Rencananya, program Siskamling akan diluncurkan pada 2 Juli 2024 di pelataran eks MTQ Kota Kendari. Dalam peluncurang itu, Pj Wali Kota Muh Yusup bakal melibatkan semua unsur mulai dari jajaran Pemkot Kendari, TNI, Polri, camat dan lurah hingga ketua RT/RW se-Kota Kendari.

Pj Wali Kota Muh Yusup mengatakan, kondusivitas wilayah sangat penting dijaga dalam rangka menjamin, keamanan dan kenyamanan masyarakat terutama menjelang Pilkada.

Ia tak menampik, jika saat ini Siskamling ditingkat RT/RW di Kota Kendari mulai kendur. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh jajaran ditingkat bawah untuk mengaktifkan kembali Siskamling yang merupakan sebuah program lama yang terbukti efektif dalam memperkokoh persatuan warga dalam menjaga keamanan.

“Siskamling adalah benteng pertahanan kita. Melalui program ini, kita dapat membangun solidaritas di antara tetangga untuk menjaga lingkungan kita masing-masing,” ungkap Pj Wali Kota Muh Yusup, Jumat (28/6/2024).

Pj Wali Kota Muh Yusup juga berpesan kepada seluruh ketua RT/RW se-Kota Kendari sebisa mungkin mempertahankan kebersihan di lingkungan masing-masing.

Yusup juha menekankan kerjasama yang erat antara Ketua RT/RW dengan camat dan lurah. Koordinasi ini diharapkan dapat memperkuat pengawasan terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL) yang masih berjualan di trotoar.

“Saya mengajak semua pihak mulai dari camat, lurah hingga ketua RW/RT untuk terus menggerakkan masyarakat dalam gotong royong menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, serta mendukung upaya penegakan peraturan daerah (Perda)," kata Pj Wali Kota Muh Yusup.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ini juga mengajak untuk setiap warga aktif dalam mengawal dan membangun kota yang lebih baik.

“Dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah daerah, RT/RW, dan masyarakat, saya yakin Kota Kendari akan semakin maju dan harmonis,” tutur Pj Wali Kota Muh Yusup.

Terpisah, Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kota Kendari, Amir Hasan mengungkapkan, pihaknya siap menyukseskan program Siskamling.

Amir Hasan menjelaskan, program ini (Siskamling) adalah hasil kolaborasi antara pemerintah kota, Satpol PP, dan masyarakat setempat (RT/RW). Ia mengungkapkan, persiapan menuju acara launching ini sudah dimulai sejak beberapa bulan yang lalu.

Menurut mantan Kasat Pol PP Pemkot Kendari itu, program Siskamling Kota ini adalah salah satu upaya serius pemerintah dalam meningkatkan keamanan lingkungan.

“Kami ingin setiap warga merasa aman di lingkungan tempat tinggal mereka. Siskamling Kota adalah wujud nyata dari komitmen kami untuk mewujudkan hal tersebut,” ujar Amir Hasan.

Program Siskamling Kota ini akan melibatkan berbagai elemen masyarakat, mulai dari ketua RT, karang taruna, hingga pihak kepolisian setempat.

"Setiap wilayah akan memiliki jadwal patroli rutin yang dilakukan oleh warga secara bergantian. Selain itu, teknologi juga akan diintegrasikan dalam program ini, seperti penggunaan aplikasi pelaporan yang memungkinkan warga melaporkan kejadian secara real-time," pungkas mantan Camat Kadia itu. (ags/b)

  • Bagikan