Kawasan Ranokomea Siap Jadi Wisata Terpadu

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemkab Bombana menggelar seminar akhir penyusunan masterplan kawasan wisata terpadu Ranokomea Kecamatan Poleang Barat Kabupaten Bombana, di Kantor Bupati, Jumat (28/6).

Staf Ahli bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, H. Rustam, mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas kawasan wisata Desa Ranokomea dan menghasilkan dokumen perencanaan kepariwisataan berupa masterplan pembangunan kawasan Wisata Terpadu Ranokomea. Terlebih, sektor pariwisata memiliki peranan yang penting dalam pembangunan perekonomian nasional. “Sektor pariwisata memiliki peranan yang strategis dalam meningkatkan perluasan kesempatan kerja, pemerataan pendapatan, dan peningkatan taraf hidup masyarakat pada umumnya dengan tetap memelihara lingkungan dan kelestarian alam,” ujarnya

Kabupaten Bombana memiliki potensi pariwisata yang besar dan beragam, dengan destinasi wisata seperti Danau Laponuponu, Pulau Kondo, dan Pantai Karang Empat. “Kawasan Wisata Terpadu Desa Wisata Ranokomea Kecamatan Poleang Barat ini merupakan kawasan yang memiliki potensi dan komponen wisata yang cukup menjanjikan,” kata H. Rustam.

Menurutnya, destinasi wisata ini merupakan lokasi yang sangat strategis sebagai tempat wisata, karena terletak di Jalan Poros Bombana-Kolaka. Selain itu, merupakan jalur lalu lintas perekonomian dan wisata BombanaKolaka. Oleh karena itu, dalam pengembangannya, pemerintah daerah perlu menyusun masterplan kawasan Wisata Terpadu Ranokomea Kecamatan Poleang Barat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, Anisa Sri Prihatin dalam laporannya mengatakan sasaran yang harus dicapai dalam mewujudkan tujuan penyusunan masterplan ini, khususnya bagi kawasan wisata Pulau Kondo, adalah terkajinya posisi dan arah kebijakan pembangunan kepariwisataan, terindetifikasinya potensi dan permasalahan pengembangan kawasan wisata.

Selanjutnya, terumuskan tujuan dan sasaran pembangunan kawasan wisata, terumuskan strategi pembangunan kawasan Pantai Pulau Kondo sebagai daya tarik wisata, terumuskan rencana non-fisik dan fisik kawasan Pantai Pulau Kondo, serta terumuskan indikasi program dan kegiatan pembangunan kawasan Pantai Pulau Kondo. (Idh/b)

  • Bagikan

Exit mobile version