1.065 Camaba IAIN Kendari Ikut SSE UM-PTKIN

  • Bagikan
Suasana pelaksanaan Ujian Seleksi Sistem Elektronik (SSE) oleh Panitia Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2024, di IAIN Kendari.(HUMAS IAIN KENDARI)
Suasana pelaksanaan Ujian Seleksi Sistem Elektronik (SSE) oleh Panitia Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2024, di IAIN Kendari.(HUMAS IAIN KENDARI)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, membuka secara resmi pelaksanaan Ujian Seleksi Sistem Elektronik (SSE) oleh Panitia Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2024, di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, beberapa waktu lalu. Rektor IAIN Kendari Prof Dr. Husain, M.Ag., menghadiri secara langsung kegiatan tersebut. Sementara Panitia Lokal dari IAIN Kendari bersama 58 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se Indonesia dan 1 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) hadir secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Pada kesempatan tersebut, Menag menyebutkan bahwa PTKIN dapat menjadi benteng pertahanan diri generasi bangsa ditengah derasnya pengaruh arus budaya global yang tak terkendali. “Saya memiliki optimisme yang kuat karena apa yang diajarkan di PTKIN berbeda dengan PTN secara umum,” ucapnya.

Menurutnya, distingsi ini harus dipromosikan dan disosialisasikan secara massif pada berbagai platform media dalam rangka menarik minat. Program ini dapat melibatkan alumni dan berkolaborasi dengan sekolah atau madrasah. "Selain itu perlu menambah program beasiswa untuk mendorong terwujudnya PTKIN sebagai destinasi pendidikan yang utama bagi masyarakat", tambah Menteri yang akrab disapa Gusmen ini.

Pada kesempatan itu, Menag juga menyapa dan meminta laporan langsung pelaksanaan SSE UM-PTKIN dari Panlok IAIN Kendari.

Ketua Panitia SSE UM-PTKIN IAIN Kendari, Dr. Jumarddin La Fua, M.Si., melalui virtual zoom melaporkan penyelenggaraan ujian yang diikuti oleh 1.065 peserta. “Jumlah ini mengalami kenaikan sekitar 22,53 persen dari tahun sebelumnya yang hanya 825 orang. Kenaikan ini menjadi indikator keberhasilan atas sosialisasi yang telah dilakukan oleh seluruh sivitas akademika kepada masyarakat,” ungkapnya.

Jumarddin mengungkapkan bahwa secara keseluruhan total peminat IAIN Kendari dari seluruh Indonesia pada jalur UM-PTKIN sebanyak 2.805 orang. “Dari 20 program studi yang tersedia, Pendidikan Agama Islam tetap menjadi prodi yang paling diminati,” ujarnya.

Panitia akan mengumumkan kelulusan peserta ujian UM-PTKIN pada tanggal 8 Juli 2024 mendatang melalui website resmi IAIN Kendari https://iainkendari. ac.id. (rls/win)

  • Bagikan