Unsultra Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

  • Bagikan
Mahasiswa Unsultra tengah mengikuti lomba pidato Bahasa Inggris. (Humas Unsultra for Kendari Pos)
Mahasiswa Unsultra tengah mengikuti lomba pidato Bahasa Inggris. (Humas Unsultra for Kendari Pos)

-- Helat Lomba Pidato Bahasa Inggris

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) menggelar Lomba Pidato Bahasa Inggris kolaborasi International Hub, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa dengan tema gen z with cultural. Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pembinaan minat dan bakat serta meningkatkan kemampuan berbahasa asing mahasiswa.

Rektor Unsultra, Prof. Dr. Andi Bahrun, M.Sc., Agric., mengatakan bahwa lomba pidato bahasa inggris merupakan bagian dari program Unsultra terutama untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berbahasa asing salah satunya adalah bahasa Inggris.

“Melalui kegiatan ini kita harapkan itu, minat mahasiswa dalam berbahasa asing khususnya di bahasa inggris itu meningkat,” ujarnya.

Prof Andi Bahrun menjelaskan, bahwa di era disrupsi ini ada empat hal yang harus dimiliki oleh mahasiswa yakni problem solving skill, Innovation atau creativitya skill, collaboration skill dan communication skill.

“Mahasiswa harus mampu memiliki empat kemampuan tersebut khususnya kemampuan berbahasa inggris. Oleh karena itu, Unsultra berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk menggelar kegiatan lomba pidato bahasa inggris,” jelasnya.

Kegiatan tersebut, kata dia, kerja sama dengan internasional Hub, BEM Unsultra dan UPT Bahasa yang diikuti oleh mahasiswa lingkup unsultra yang melibatkan juri internal dan juri dari International volunteer dari Prancis. “Saya sebagai rektor sangat mengapresiasi sekali dan memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan kegiatan seperti ini. Karena hal ini dapat memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berbahasa asing,” beber Prof Andi Bahrun.

Selain itu, event ini merupakan bagian dari implementasi internasionalisasi Unsultra. “Kami berharap kegiatan yang meningkatkan atmosfer ilmiah terkait dengan peningkatan kemampuan literasi mahasiswa perlu terus didorong dan ditingkatkan. Saya juga melihat antusias dan kemampuan para mahasiswa dalam berbahasa asing dan kemampuan berpidato Bahasa inggris sangat baik,” ungkapnya.

Ia pun yakin lomba dan kompetisi seperti lomba pidato bahasa asing perlu didorong dan digelorakan serta memotivasi mahasiswa agar terus berkembang dalam meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa asing. Oleh karena itu, ia juga sudah menyarankan kepada Wakil Rektor bidang kemahasiswaan agar mahasiswa yang mengikuti lomba pidato bahasa inggris dapat segera membentuk komunitas mahasiswa bahasa asing. Hal ini agar kemampuan berbahasa asing mahasiswa meningkat dan tidak hanya kuliah semata. “Sejak tahun lalu lembaga bahasa Unsultra menyelenggarakan kursus termasuk kerjasama dengan CAKAP Indonesia, sehingga dengan adanya mata kuliah wajib bahasa Inggris, lalu ada kursus-kursus seperti adanya kursus bahasa oleh laboratorium bahasa dan juga kursus bahasa inggris dan prancis oleh International volunteer dan selanjutnya didukung lagi dengan adanya komunitas mahasiswa bahasa Inggris akan semakin mempercepat peningkatan kemampuan berbahasa asing,” terang Andi Bahrun.

Ia menambahkan, bahwa namun Unsultra tidak konsen pada kemampuan berbahasa Inggris tetapi juga kemampuan berbahasa yang lain seperti Mandarin. “Mungkin suatu waktu akan dilaksanakan juga lomba berpidato bahasa mandarin jika sudah banyak yang menguasainya. Sekedar informasi, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Dies Natalis Unsultra yang ke-38 serta Expo dan Sekolah Bisnis Unsultra,” pungkas Mantan Ketua Universitas Terbuka Kendari itu. (win/b)

  • Bagikan