Bupati Surunuddin Akselerasi Pembangunan Strategis

  • Bagikan
TURUN LAPANGAN: Bupati Konsel, Surunuddin Dangga (depan) didampingi Ketua TP PKK Konsel, Hj.Nurlin Surunuddin bersama sejumlah pejabat menjajal aspal jalan Desa Tridana Mulya, Kecamatan Landono, baru-baru ini. (I NGURAH PANDI/KENDARI POS)
TURUN LAPANGAN: Bupati Konsel, Surunuddin Dangga (depan) didampingi Ketua TP PKK Konsel, Hj.Nurlin Surunuddin bersama sejumlah pejabat menjajal aspal jalan Desa Tridana Mulya, Kecamatan Landono, baru-baru ini. (I NGURAH PANDI/KENDARI POS)

--Tingkatkan Konektivitas melalui Pembangunan Jalan dan Jembatan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga, terus menunjukkan komitmennya dalam mempercepat pembangunan strategis di wilayah teritorialnya. Salah satu fokus utama dari upaya itu adalah peningkatan konektivitas melalui pembangunan jaringan jalan dan jembatan.

Berbagai perbaikan dan pembangunan jaringan jalan serta jembatan, yang menghubungkan desa-desa dan kecamatan-kecamatan di Konawe Selatan, telah dimulai sejak Surunuddin memimpin Konsel.

Konsel-1 itu meyakini, infrastruktur yang baik adalah kunci untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Konektivitas adalah tulang punggung pembangunan. Dengan jalan dan jembatan yang memadai, akses masyarakat terhadap layanan publik, pendidikan, dan ekonomi akan lebih mudah dan cepat,” ungkap Surunuddin, Rabu (26/6/2024).

Bupati dua periode itu mengatakan, Pemkab Konsel konsisten merealisasikan pengaspalan jalan kabupaten yang menyentuh langsung masyarakat pedesaan. Ia selalu menegaskan tekadnya bekerja untuk masyarakat. Khususnya dalam mendongkrak indeks pembangunan masyarakat dan perekonomian sesuai potensi masing-masing desa. Untuk memaksimalkan itu maka sarana transportasi harus dimuluskan.

"Sebagai pemimpin yang dipilih rakyat, saya bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan oleh masyarakat Konawe Selatan. Menjalankan amanah untuk melaksanakan pelayanan, pembangunan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Itulah tugas saya," jelasnya.

Surunuddin juga komitmen meningkatkan kualitas akses jalur darat di Kecamatan Laonti yang telah terbuka. Pasalnya dulu, jalur menuju Laonti hanya bisa dilalui lewat laut. Kini, bisa lewat darat berkat Surunuddin. Pembangunan jalur darat di daerah tersebut, menjadi salah satu karya nyata dan monumental Surunuddin dalan memutus keterisoliran masyarakat.

"Pembangunan tidak bisa satu kali langsung tuntas, tetapi dilakukan secara bertahap. Olehnya itu, kami berharap dukungan seluruh pihak dalam menyukseskan pembangunan daerah," harap Politisi Partai Golkar tersebut.

Lebih lanjut, diketahui tahun 2023 lalu, telah dilakukan pembangunan dan rehabilitasi jalan sepanjang 124,55 KM yang tersebar di wilayah Kabupaten Konawe Selatan . Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas PUTR Konsel, Askar. Ia menyebut sepanjang 2023 juga telah merehabilitasi bendung irigasi, peningkatan jaringan irigasi permukaan dan rehabilitasi jaringan irigasi permukaan di 15 lokasi yang tersebar di wilayah Kabupaten Konawe Selatan.

"Tahun 2023, dilakukan pula pembangunan SPAM jaringan perpipaan di kawasan perkotaan di 18 lokasi yang tersebar di wilayah Konsel. Kemudian, pembangunan baru SPAM bukan jaringan perpipaan di kawasan pedesaan di 29 lokasi yang tersebar di Konsel," ujarnya.

Masih di tahun yang sama, juga ada pembangunan TPS-3R dua unit di lokasi desa Akuni Kecamatan Tinanggea dan desa Torobulu Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Pembangunan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Setempat (SPAL-D) di 705 rumah tangga yang tersebar di wilayah Konsel.

"Pembangunan sarana dan prasarana Instalasi Pengelolaan Limbah Terpusat (IPLT) di Andoolo, Konsel. Tahun 2023 juga dilakukan pembangunan, rehabilitasi dan renovasi bangunan gedung untuk kepentingan strategis daerah di 5 lokasi yang tersebar di Konsel," bebernya. (b/ndi)

  • Bagikan