Siapkan Identitas Diri, Sukseskan Coklit Pilkada

  • Bagikan
DATA AKURAT : Suasana pencocokan dan penelitian data pemilih pada Pilkada tahun 2024 yang dilakukan secara “door to door” oleh Pantarlih. (I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sejak tanggal 24 Juni lalu, Petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) sudah mulai melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit). Kunjungan langsung dilakukan untuk menyiapkan data dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024.

Komisioner KPU Konsel pada Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin), Anton Roberto, mengatakan, ada 835 Pantarlih yang diturunkan dan tersebar pada 25 kecamatan di 351 desa/ kelurahan.

“Jumlah sasaran pemilih hasil sinkronisasi DP4 yang diterbitkan Kemendagri sebanyak 220.940 orang dan tersebar pada 563 TPS di seluruh wilayah Konsel,” rincinya, Selasa (25/6). Anton Roberto mengungkapkan, pelaksanaan Coklit serentak dilakukan sejak 24 Juni hingga 24 Juli 2024. Atas nama KPU Konsel, ia mengajak kepada semua pihak ikut menyukseskan pelaksanaan Coklit tersebut.

“Mari bersama-sama mewujudkan data pemilih yang inklusif akurat dan akuntabel,” ujarnya.

Terkhusus kepada seluruh masyarakat yang memenuhi syarat terdaftar sebagai pemilih, diharapkan berpartisipasi aktif. “Suksesnya Coklit bukan hanya dibebankan kepada KPU atau Pantarlih sebagai ujung tombak, tetapi peran masyarakat sangatlah menentukan. Olehnya kami berharap besar dukungan aktif masyarakat dengan menyiapkan identitas kependudukan berupa KTP-el, kartu keluarga, biodata penduduk dan IKD,” sambungnya.

Anton Roberto juga meminta masyarakat proaktif melaporkan kepada penyelenggara badan Adhoc, apabila belum terdaftar sebagai pemilih. (b/ndi)

  • Bagikan