Asrun Lio: Harus Bijak Manfaatkan Teknologi Informasi

  • Bagikan
Asrun Lio
Asrun Lio

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi di era sekarang ini. Hanya saja, tetap harus bijak dalam penggunaannya. Supaya informasi yang sampai di masyarakat, baik dan positif.

Pesan ini disampaikan Asrun Lio saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Wilayah Sulawesi dan wilayah Rencana Aksi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (RAN PPDT), Selasa (25/6/2024).

“Perkembangan teknologi yang begitu cepat, tentunya sejalan dengan informasi diperoleh masyarakat. Diperlukan kearifan dalam memanfaatkan teknologi, supaya informasi yang disampaikan kepada masyarakat positif,” ungkap Asrun Lio.

Mantan Kadis Dikbud Sultra ini menambahkan, Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) adalah komunitas yang dibentuk masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat. Di mana secara mandiri, serta kreatif melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat, dalam rangka meningkatkan nilai tambah taraf kehidupannya.

“Sebagai lembaga masyarakat yang bergerak di bidang pengelolaan informasi, KIM memiliki arti penting sebagai mitra pemerintah dan sebagai bagian dari jaringan sistem informasi nasional, dalam desiminasi informasi dan penyerapan aspirasi masyarakat,” jelasnya.

Dia menambahkan, cukup banyak KIM yang ada di Sultra. Bahkan, telah berhasil meningkatkan pengetahuan masyarakat di berbagai bidang melalui diseminasi. Contohnya, KIM Graha Asri Watulondo Kendari, menorehkan prestasi nasional dengan kategori KIM inovatif, pada festival komunitas informasi masyarakat (kimfest) 2023 yang dilaksanakan di Surabaya.

“Melalui Bimtek ini, diharapkan dapat semakin memperkuat peran strategis KIM. Saya berharap, KIM dengan berbagai perannya, dapat ikut serta membantu pemerintah daerah dalam upaya mencerdaskan bangsa, memberdayakan masyarakat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi dan Kabupaten Kota Wilayah Sulawesi dan Wilayah RAN PPDT, para penggiat Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Kota wilayah Sulawesi dan Wilayah RAN PPDT, dan berbagai pihak terkait lainnya. (b/rah)

  • Bagikan

Exit mobile version