90.676 DP4 Mulai Dimutakhirkan

  • Bagikan
Ketua KPU Koltim, Anhar

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) sudah menerima daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) untuk Pilkada 2024. Diketahui, DP4 di daerah tersebut mencapai 90.676 orang dan sementara dalam proses pencocokan serta penelitian (Coklit). Ketua KPU Koltim, Anhar, mengakui, dari hasil verifikasi nantinya, bisa saja data yang ada berkurang atau justru bertambah.

“Pemilih laki-laki sekitar 46.525 dan perempuan sebanyak 44.151 orang. DP4 ini hasil sinkronisasi antara pihak KPU dan Direktur Jenderal Pencatatan Sipil Kemendagri,” jelasnya, Selasa (25/6).

Ia mengatakan, DP4 untuk Pilkada Koltim sementara dilakukan Coklit oleh petugas pemuktahiran data pemilih (Pantarlih) di tiap desa dan kelurahan.

“Semoga proses pemuktahiran data pemilih ini bisa berjalan lancar hingga penetapan,” harap Anhar.

Sementara itu Koordiv Sosdiklih, Parmas dan SDM pada KPU Koltim, Yanthi Pratiwi Irianto, mengaku, Coklit sudah dilaksanakan dan pertama dilakukan pada keluarga Bupati Koltim, Abdul Azis serta beberapa orang lainnya.

“Pantarlih sudah mulai melaksanakan tugas sejak tanggal 24 Juni sampai 24 Juli 2024 mendatang. Coklit untuk mencocokkan data pemilih KPU hasil sinkronisasi DP4 ditambah DPT Pemilu terakhir dengan dokumen pemilih atau warga yang diserahkan Kemendagri oada tanggal 2 Mei 2024 lalu,” jelas Yanthi. (b/kus)

  • Bagikan