SMPN 2 Lapandewa Busel Konsisten Memelihara Kebudayaan

  • Bagikan

-- Lewat Gelar Karya dan Penyerahan Raport

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - SMP Negeri 2 Lapandewa di Desa Lapandewa Makmur, Kabupaten Buton Selatan, menunjukkan komitmennya dalam melestarikan budaya lokal melalui Implementasi Kurikulum Merdeka. Pada tahun pelajaran 2023/2024, sekolah ini tidak hanya mengadopsi tiga tema utama untuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), tetapi juga mengangkat nilai-nilai budaya dengan menggelar pertunjukan tari tradisional Pangibi. Puncak dari upaya ini terjadi dalam acara penyerahan raport siswa pada 13 Juni 2024 lalu. Siswa tidak hanya memperlihatkan kemajuan akademik mereka, tetapi juga kemahiran dalam memperagakan tari Pangibi, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari budaya lokal di daerah tersebut.

"Ini bukan hanya tentang pendidikan formal, tetapi juga bagaimana kita dapat menjaga dan menghormati warisan budaya nenek moyang kita," ujar Wudedi, S. Pd., M. Pd., Kepala SMP Negeri 2 Lapandewa.

Acara penyerahan raport ini, juga menjadi momentum untuk mengapresiasi kerja keras siswa dalam menyelesaikan berbagai projek selama tahun ajaran. Termasuk proyek-proyek yang menekankan pentingnya keberlanjutan lingkungan dan kearifan lokal.

Dengan demikian, SMP Negeri 2 Lapandewa memberikan contoh nyata bagaimana pendidikan dapat menjadi agen pelestarian budaya, sekaligus mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan, dengan kebanggaan akan identitas budaya mereka. (adv)

  • Bagikan

Exit mobile version