Menanti Hasil Survei, Dua Kader Berpeluang

  • Bagikan
H. Yahya Darise (Kiri). H. Sahrul Beddu (Kanan)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, semakin dekat. Sejumlah partai politik (Parpol) mulai bergerak untuk mengusung jagoannya di Pilkada Kolaka. Salah satu Parpol yang terus bergerak adalah NasDem. Bahkan, partai besutan Surya Paloh itu telah menuntaskan pendaftaran bakal calon (Balon) bupati yang akan diusung dalam helatan mencari pemimpin di Bumi Mekongga tersebut.

Hingga pendaftaran ditutup, tercatat ada sembilan kandidat yang mendaftar, dua diantaranya adalah kader NasDem, H. Yahya Darise dan H. Sahrul Beddu.

Sekretaris DPD NasDem Kabupaten Kolaka, Aswar Noor Amas, mengungkapkan, untuk rekomendasi yang akan diberikan pada salah satu kandidat itu merupakan kewenangan DPW dan DPP.

Namun berdasarkan hasil Rakerwil dan Rakernas partai, prioritas kandidat yang akan mendapat rekomendasi NasDem di Pilkada adalah kader dan hasil survei.

“Alhamdulillah beberapa rekomendasi yang telah dikeluarkan untuk beberapa daerah itu semuanya kader NasDem. Semoga untuk Pilkada Kolaka juga demikian, karena ada dua kader yang daftar yaitu H. Yahya Darise dan H. Sahrul Beddu,” ungkapnya saat ditemui, Senin (24/6).

Menurut Aswar, potensi kader NasDem untuk maju di Pilkada Kolaka sangat besar. Sebab kata dia, saat ini ada beberapa kandidat yang mencoba melakukan komunikasi untuk maju berpasangan untuk menjadi kepala daerah.

“Sudah ada beberapa kandidat yang melakukan komunikasi dengan Pak Haji Yahya terkait Pilkada Kolaka dan memang selama ini terjalin dengan baik dengan semua kontestan. Jadi Insyaallah semoga tetap ada kader yang maju mewakili NasDem di Pilkada Kolaka,” harapnya.

Aswar menambahkan, selain memprioritaskan kader, hal lain yang juga menjadi pertimbangan untuk mendapatkan rekomendasi NasDem adalah hasil survei. “Saat ini survei bagi semua balon bupati dan wakil bupati Kolaka yang telah mendaftar di NasDem sedang berlangsung. Awal Juli survei tuntas dan hasilnya akan diserahkan ke DPW dan DPP,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya ada sembilan kandidat yang mendaftar di DPD NasDem Kolaka. Tujuh diantaranya sebagai Balon bupati. Mereka adalah Haji Yahya (HY), Amri Jamaluddin, Muhammad Jayadin, Hj. Nur Endang Abbas, Sainal Amrin, Heryanto Suaib dan Syahrul Beddu (SB). Sedangkan Husmaluddin dan Nur Syamsul mendaftar sebagai Balon wakil bupati. (b/fad)

  • Bagikan