Harmin Ramba Siapkan Rp 100 Juta per Desa

  • Bagikan
Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba (berdiri) dalam suatu kegiatan. Harmin berencana menggelontorkan dana sebesar Rp 100 juta per desa. (Adi Hidayat/Kendari Pos)
Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba (berdiri) dalam suatu kegiatan. Harmin berencana menggelontorkan dana sebesar Rp 100 juta per desa. (Adi Hidayat/Kendari Pos)

--Komitmen Dukung Kemajuan Desa

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba memiliki rencana besar dalam mendukung kemajuan pembangunan desa. Dia berpandangan, meski gelontoran dana pusat sudah masuk ke desa, sumbangsih pemerintah daerah juga dibutuhkan guna meningkatkan perekonomian di desa. Alokasi Dana Desa (ADD) yang diporsikan pemerintah daerah, hanya dipakai untuk membayar gaji perangkat desa.

Jika masih diberi mandat memimpin Konawe, Harmin Ramba berencana memberikan dana Block Grant sebesar Rp 100 juta per desa bagi 291 desa se-Konawe. Dia menyebut, rencana ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

Kabar menggembirakan itu dilontarkan Pj Bupati Harmin Ramba, saat giat penyerahan Surat Keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan Kepala Desa (Kades) se-Konawe, pekan kemarin. Harmin mengatakan, jika tak ada aral, program pemberian dana Block Grant akan diberikan secara merata kepada 291 desa di otorita setempat.

“Kita sudah rencanakan itu. Dan Insyaallah kalau masih diberi kesempatan memimpin Konawe, saya akan programkan pemberian dana Block Grant satu desa Rp 100 juta. Dana tersebut nantinya dapat digunakan, untuk berbagai kegiatan pembangunan di desa,” ujar Pj Bupati Harmin Ramba, Senin (24/6/2024).

Harmin Ramba menuturkan, pemberian dana Block Grant ini bertujuan, untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang ada di level desa. Seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian, dan lain sebagainya.

“Jadi, dengan adanya dana Block Grant tersebut, desadesa di Konawe kita inginkan supaya lebih mandiri. Utamanya, dalam mengelola dan memanfaatkan anggaran yang diberikan,” jelasnya.

Mantan Kabag Umum dan Protokoler Sekretariat Kabupaten (Setkab) Konawe itu menerangkan, rencana pemberian dana Block Grant itu, telah dipikirkan sejak jauh-jauh hari. Jika terlaksana dikemudian hari, Harmin Ramba juga memastikan bakal berkoordinasi dengan berbagai pihak, terkait guna memastikan pelaksanaan program itu berjalan lancar dan transparan.

“Insyaallah nantinya, seluruh desa di Konawe juga akan mendapatkan bimbingan dan pendampingan dalam pengelolaan dana tersebut. Sehingga, dana Block Grant itu dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat desa,” terangnya.

Harmin menegaskan, pemberian dana Block Grant merupakan, wujud konkret komitmen pemerintah daerah, khususnya di Konawe terhadap peningkatan kesejahteraan dan pembangunan di setiap desa.

Kepala Badan Kesbangpol Sultra itu meyakini, dengan adanya program ini, masyarakat desa se-Konawe akan dapat merasakan secara langsung manfaat pemberian dana Block Grant, terhadap peningkatan kualitas hidup mereka.

“Kita semua harus bersinergi dan bekerja sama dalam menjalankan program ini. Semua ini demi tercapainya pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan merata bagi seluruh lapisan masyarakat Konawe. Yang terpenting, doakan juga supaya kita pemimpin daerah ini, bisa terus amanah dan berbuat yang terbaik untuk masyarakat Konawe,” terangnya.

Tak sampai disitu, Harmin Ramba mengingatkan pentingnya pemahaman Kades dalam mengelola dana Block Grant. Katanya, penggunaan suntikan dana dari pemerintah daerah tersebut, harus sesuai dengan aturan dan kebutuhan masyarakat desa. Termasuk, menekankan pentingnya pengelolaan Dana Desa (DD) yang wajib hukumnya berpedoman pada regulasi yang ada.

“Aturan tentang desa termasuk pengelolaan anggaran di desa itu, sudah cukup bagus. Saat ini Kades bukan lagi hanya tempat untuk bertanya. Tetapi, sebagai orang yang bisa berfikir untuk membangun di desanya masing-masing,” tandasnya. (b/adi)

  • Bagikan