Tina Nur Alam Tunggu “Lawan” di Pilgub Sultra

  • Bagikan
Bakal Calon Gubernur Sultra, Tina Nur Alam didampingi mantan Gubernur Sultra Nur Alam (kiri) menerima Surat Keputusan (SK) DPP PKS untuk maju di Pilgub Sultra. SK tersebut diserahkan Wakil Ketua DPP PKS Wilayah Sulawesi, Ahmad Hasan di Hotel Claro Kendari, Sabtu (22/6/2024). (Muh Akbar Ali/Kendari Pos)
Bakal Calon Gubernur Sultra, Tina Nur Alam didampingi mantan Gubernur Sultra Nur Alam (kiri) menerima Surat Keputusan (SK) DPP PKS untuk maju di Pilgub Sultra. SK tersebut diserahkan Wakil Ketua DPP PKS Wilayah Sulawesi, Ahmad Hasan di Hotel Claro Kendari, Sabtu (22/6/2024). (Muh Akbar Ali/Kendari Pos)

--Diusung PKS dan Nasdem, Penuhi Syarat Pencalonan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Manuver cerdas Tina Nur Alam (TNA) berburu “pintu” dalam bursa Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara (Pilgub Sultra), berjalan mulus. Usai “menaklukan” Partai Nasdem dengan kekuatan 6 kursi di DPRD Sultra, Tina Nur Alam kembali memperoleh dukungan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan komposisi 4 kursi.

Total 10 kursi kini sah milik Tina Nur Alam. Jumlah tersebut sudah memenuhi syarat pencalonan, untuk mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, 27 Agustus 2024 mendatang. Sebab, sesuai regulasi, syarat pencalonan minimal 20 persen atau 9 kursi untuk maju di Pilgub Sultra. Kini, Tina Nur Alam tinggal tunggu “lawan” (kompetitor) di Pilgub Sultra.

Penyerahan SK dukungan PKS kepada Tina Nur Alam dilaksanakan di Hotel Claro Kendari, Sabtu sore (22/6/2024). Turut hadir mantan Gubernur Sultra dua periode, Nur Alam, serta sejumlah petinggi DPW dan DPP PKS.

Tina Nur Alam menyambut baik dukungan PKS. Menurutnya, kepercayaan ini bukan hanya sekadar bentuk dukungan politik kepada dirinya, tapi juga komitmen PKS dalam penguatan politik perempuan di Sultra, sekaligus menjaga demokrasi dan kedaulatan rakyat.

Anggota DPR RI dapil Sultra ini menilai, dukungan PKS, membuka lembaran sejarah baru dalam perpolitikan di Sultra. Sebab, dalam hitungan setengah abad lebih setelah Sultra berdiri, baru kali ini, akan dipimpin seorang perempuan.

“Prinsipnya, saya sudah sangat siap melanjutkan kepemimpinan di Sultra. Ini akan menjadi sejarah baru dalam peta perpolitikan Sultra,” ungkap Tina Nur Alam.

Warisi Pemikiran Sang Suami

Tina Nur Alam punya gagasan hebat untuk membangun Sultra. Dia ingin mewarisi pemikiran sang suami, Nur Alam, mantan Gubernur Sultra dua periode, jika diberi amanah memimpin ke depannya. Tina Nur Alam mengusung visi: Bahteramas Berlayar Kembali.

Visi tersebut merupakan, warisan pemikiran Nur Alam selama memimpin Sultra dua periode, dengan slogan: Bangun Kesejahteraan Masyarakat atau Bahteramas.

Tina Nur Alam mengatakan, visi Bahteramas Berlayar Kembali, mengurai terkait program konstruktif di berbagai sektor vital pembangunan. Mulai aspek pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan, perkebunan, pertambangan dan lain-lain.

Dia menyebut, di sektor pendidikan, termaktub sub program bernama “Cerdas Sultraku” dengan aktualisasi penyediaan beasiswa bagi generasi muda. Mulai pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

“Program ini masih terus berjalan, melalui program Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Pintar kuliah, yang saya perjuangkan selama menjadi anggota DPR RI,” kata Tina Nur Alam usai menerima rekomendasi PKS di Aula Claro Hotel, Sabtu (22/6/2024).

Tina Nur Alam juga berkomitmen, menyulap sektor kesehatan lebih inovatif dengan penyediaan intsrumen penunjang pelayanan maksimal di Rumah Sakit Provinsi. Salah satunya, ia mencanangkan membangun Rumah Sakit Tipe A, agar masyarakat tidak lagi kesulitan harus berobat di provinsi lain.

“Kita punya kekuatan sumber daya untuk membangun rumah sakit tipe A. Sehingga, keluhan ataupun aspirasi warga yang kerap harus berobat di luar provinsi, terjawab,” ujarnya.

Politisi NasDem itu menilai, potensi sektor ekonomi Sultra begitu melimpah. Perlu ada program tepat, sehingga kemanfaatan sumber daya yang ada, benarbenar efisien dan efektif. Salah satunya melalui program “Dana Gotong Royong” khususnya untuk di perdesaan yang nantinya, bisa menggerakan berbagai sendi perekonomian.

“Di sektor perikanan, kita tak kalah besarnya dengan potensi yang ada. Laut kita jauh lebih luas dari pada daratan. Nah, ini butuh terobosan inovatif dengan pengelolaan yang optimal dan terukur serta berkelanjutan,” bebernya.

PKS Siap All Out Menangkan Tina Nur Alam

Ketua DPW PKS Sulawesi Tenggara, Yaudu Salam Ajo menyampaikan, saat ini Tina Nur Alam merupakan, satu-satunya calon gubernur yang telah mendapat rekomendasi dan siap bertarung di Pilkada 2024.

“PKS akan all out memenangkan Tina Nur Alam menjadi Gubernur Sultra,” kata Yaudu Salam Ajo.

Tina Nur Alam, kata dia, merupakan sosok srikandi tangguh yang telah berpengalaman di dunia birokrasi maupun politik. Ketokohan maupun kapasitas intelektual Tina Nur Alam, tak diragukan untuk membawa atau memimpin Sultra ke depan, yang lebih baik dan maju.

“Ini adalah sejarah bagi Sultra, seorang srikandi (Tina Nur Alam) mampu dan berani bertarung di pilgub Sultra. PKS bulat dan akan totalitas memenangkan Tina Nur Alam,” pungkas Yaudu Salam Ajo.

Butuh Sosok Wakil yang Tepat

Pengamat Politik Sultra, Dr. Muh Najib Husain mengatakan, sebagai bakal calon gubernur pertama mendapatkan dukungan partai yang memenuhi syarat 20 persen, menjadi warning bagi kandidat lainnya.

“Tina Nur Alam satu-satunya perempuan yang pertama memenuhi syarat mendaftar di KPU. Dan Tina adalah manivestasi mantan Gubernur Nur Alam,” kata Dr. Muh Najib Husain kepada Kendari Pos, Minggu (23/6/2024).

Pengalaman Tina Nur Alam di dunia politik, kata dia, sangat mumpuni. Dia bisa melaju dua periode di DPR RI tanpa mengandalkan kebesaran nama sang suami, Nur Alam. Tina mampu dan tangguh memenangkan pemilihan ketika maju melalui Partai Amanat Nasional (PAN) di pileg 2019.

“Di sisi lain, Tina Nur Alam juga berpengalaman di dunia birokrat sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN). Sehingga komplit dan mumpuni sebagai seorang pemimpin,” jelasnya.

Akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Halu Oleo Kendari itu, menerangkan, Tina Nur Alam butuh wakil yang tepat jika ingin memenangkan Pilgub. Untuk sosok wakil, Najib memprediksi Tina Nur Alam bakal mempertimbangkan duet dengan Syafei Kahar. Beberapa indikantornya yakni, Syafei Kahar pengalaman sebagai birokrat dan berasal dari kepulauan. Dia juga mantan Bupati Buton.

“Tina Nur Alam berasal dari deratan dan mencari wakil dari kepulauan. Nah, Syafei Kahar berasal dari kepualauan, yang muara duet keduanya sangat ideal dan proporsional,” terang Dr. Najib.

Beberapa kali, ketika Tina Nur Alam melakukan sosialisasi di kepulauan, senantiasa bertemu Syafei Kahar. Kedekatan keduanya sudah begitu menonjol dan harmonis.

“Prediksi saya, tinggal menunggu waktu Syafei Kahar akan diumumkan sebagai bakal calon wakil yang mendampingi Tina Nur Alam,” tandasnya. (b/ali)

  • Bagikan

Exit mobile version