Kostantinus Memajukan Sektor Perikanan Buteng

  • Bagikan
Kostantinus Bukide
Kostantinus Bukide

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kostantinus Bukide baru sebulan duduk sebagai Penjabat (Pj) Bupati, Buton Tengah (Buteng). Meski begitu, dia sudah khatam terkait masalah dan potensi otoritanya itu. Sebab, dia adalah sekretaris daerah (Sekda) yang sudah menjadi tandem birokrasi pemimpin Buteng sebelumnya.

Makanya, dirinya tahu betul apa dan bagaimana, mengawal keberlanjutan pembangunan di Negeri Seribu Goa tersebut.

Perikanan menjadi sektor primadona di Buton Tengah. Untuk menegaskan eksistensi dan memajukan sektor itu, Pemkab Buton Tengah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi ternama di negeri ini, Universitas Gadjah Mada (UGM). Perjanjian Kerja Sama (PKS) di bidang Pertanian tentang pengembangan sektor perikanan.

Naskah perjanjian kerja sama diteken langsung Pj Bupati Kostantinus Bukide dan Dekan Fakultas Pertanian UGM, Jaka Widada, di gedung LGLC, lantai 6 Kampus UGM Jogyakarta.

Pj Bupati Kostantinus Bukide menjelaskan, perjanjian kerja sama tersebut bertujuan, untuk mengembangkan sektor perikanan di Buton Tengah, yang memiliki potensi besar di bidang perikanan dan kelautan. Ruang lingkupnya meliputi, teknologi tepat guna yaitu penelitian implementatif tentang pemanfaatan limbah rajungan dan lobster sebagai sumber ekonomi baru.

Kemudian, pendidikan dan pelatihan budidaya pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, pengembangan kawasan sebagai upaya peningkatan hasil perikanan dan bidang lain, yang disepakati oleh kedua belah pihak, sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan berlaku.

“Harapan kita ke depan, kolaborasi ini dapat meningkatkan produksi, kualitas dan keberlanjutan sektor perikanan, melalui berbagai program penelitan. Ini bagian dari upaya kita memajukan sektor perikanan daerah,” kata Kostantinus Bukide, Minggu (23/6/2024).

Menurut dia, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui pemanfatan sumber daya perikanan berkelanjutan, dan meningkatan kualitas penelitian aplikatif, merupakan solusi jitu bagi peningkatan nilai tambah bagi masyarakat.

“Perjanjian ini, mencerminkan komitmen bersama untuk mendorong pembangunan berkelanjutan dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Kabupaten Buton Tengah,” jelasnya.

Kostantinus Bukide mengaku optimis. Apalagi kerja sama itu mendapat support langsung dari masyarakat Buteng melalui wakilnya di parlemen yakni, Ketua DPRD Buton Tengah, Bobi Ertanto dan anggota DPRD, Nurman. (b/ lyn)

  • Bagikan