Dapat Restu Nasdem, Siska Optimis Menang

  • Bagikan
Ilustrasi: Fahri/Kendari Pos
Ilustrasi: Fahri/Kendari Pos

--Makin Percaya Diri Menatap Pilwali Kendari
--Masih Butuh 2 Kursi, Bidik PAN dan Demokrat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Bakal Calon Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran (SKI) makin enjoy dan percaya diri menatap Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kendari, November 2024 mendatang. Selain karena faktor elektabilitasnya yang tinggi dari sejumlah lembaga survei, lebih dari itu, dia juga baru saja mendapat restu alias rekomendasi dari Badan Pengurus Pusat (BPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Dukungan terhadap SKI, tertuang dalam Surat Rekomendasi Nomor : 213-SI/RP/BPP-NasDem/ IV/2024. Dalam surat rekomendasi tersebut, Siska akan berpasangan dengan Sudirman, membentuk pasangan calon yang diharapkan mampu memenangkan kontestasi politik di Kota Kendari.

Penyerahan rekomendasi ini, dilakukan di Tower Partai Nasdem oleh DPP Partai NasDem, Willy Aditya. Dalam acara tersebut, Willy menyerahkan surat rekomendasi tersebut kepada Ketua DPW Partai NasDem Sultra, Ali Mazi yang kemudian diserahkan kepada Siska Karina Imran (SKI).

Bakal Calon Wali Kota Kendari, Siska 4 Karina Imran (dua dari kiri) didampingi wakilnya, Sudirman (tiga dari kiri) foto bersama Ketua DPW NasDem Sultra, Ali Mazi (kiri) dan sejumlah pengurus parpol usai menerima surat rekomendasi dari DPP NasDem, Sabtu (22/6/2024) (DPW NasDem for Kendari Pos)

Atas rekomendasi itu, Bakal Calon Wali Kota Kendari, SKI menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPP Partai NasDem, Bapilu, DPW Partai NasDem Sultra dan seluruh yang terlibat. Sebab, telah memberikan kepercayaan kepada dirinya dan Sudirman.

Siska Karina Imran mengaku optimis dukungan NasDem memberi motivasi untuk memenangkan Pilwali Kendari.

“Saya siap menjalankan amanah ini dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi untuk kesejahteraan masyarakat Kendari,” ujar Siska, Minggu (23/6/2024).

Selain NasDem, SKI juga tengah membidik dukungan partai lain. Dua diantaranya, yakni dukungan (rekomendasi) dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat.

“Kami sudah dapat Surat Tugas dari PAN dan Demokrat. Kami diminta untuk mendapatkan koalisi partai politik lain, guna memenuhi persyaratan pencalonan dalam Pilkada 2024,” ungkapnya.

“Kami siap untuk menjalankan tugas-tugas tersebut dengan cerdas, cepat, dan konsisten. Kami berkomitmen untuk melakukan segala upaya agar dapat memenangkan Pilkada tahun 2024, sekaligus membangun Kota Kendari ke arah yang lebih baik,” tambahnya.

Siska Figur Ideal, Peluang Besar Terpilih

Sekretaris Umum NasDem Sultra, Tahir Lakimi mengatakan, keputusan DPP merekomendasikan Siska-Sudirman telah melalui pertimbangan matang secara mendalam dan menyeluruh. Tak hanya dari aspek elektabilitas, komponen penerimaan masyarakat terhadap keduanya juga turut menjadi penelitian.

“Konfigurasi Siska-Sudirman sangat ideal dan kami melihat peluang menang di Pilwali sangat besar,” kata Tahir Lakimi, Minggu (23/6/2024).

Setelah keluar rekomendasi tersebut, kata dia, Siska maupun Sudirman diperintahkan untuk menguatkan konsolidasi, baik di internal Partai NasDem maupun partai lainnya. Tujuannya untuk menguatkan kekuatan politik, dan untuk mencukupi syarat mendaftar di KPU 27 November 2024.

“Arahan tersebut juga berlaku bagi paslon lain yang diusung NasDem seperti Sudiro-Raup di Konawe Utara, Darwin di Muna Barat, Adi Jaya Surunuddin James Adam Mokke di Konawe Selatan,” ujar Tahir Lakimi.

Keputusan rekomendasi terhadap beberapa figur tersebut belum bersifat mutlak. Artinya mereka harus menjaga kesehatan dan integritas politik, sehingga tidak menciptakan noda menyalahi syarat atau regulasi yang telah ditetapkan DPP NasDem.

“Mereka harus menjaga hubungan dengan siapapun dan juga menjaga kesehatan. Karena dalam berbeda keputusan mutlak yang dimiliki Tuhan dengan politik. Jadi harus jagajaga diri,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPW Partai NasDem Sultra, Ali Mazi mengatakan, pihaknya mendukung SKI untuk bertarung di Pilwali Kendari 2024.

“Kota Kendari kita berikan rekomendasi pada srikandi hebat (SKI). Insya Allah, bisa memenangkan kontestasi pilkada 2024. Kita serahkan untuk Kota Kendari kepada dokter Hj Siska Karina Imran yang berpasangan dengan Sudirman,” ungkap Ali Mazi.

Ali Mazi menegaskan, ia mengetahui siapa kader-kader Partai NasDem yang memiliki potensial di Sultra, khususnya di Kota Kendari. Olehnya itu, Ali Mazi yakin bahwa Siska berpotensi menang dan mengibarkan bendera partai besutan Surya Paloh ini di Kendari.

“Calon yang kami tujukan ini betul-betul didukung oleh masyarakat. Jadi saya yakin, rekomendasi yang diberikan oleh Bapilu (Badan Pemenangan Pemilu) tidak salah lagi. Mereka adalah kader-kader petarung kita,” tegasnya.

Tidak hanya itu, keyakinan lain caleg terpilih DPR RI Dapil Sultra periode 2024 - 2029 terhadap SKI adalah hadirnya sosok Sudirman yang siap mendampingi karir politiknya. Apalagi memiliki popularitas mentereng di Kendari, termasuk di Sultra.

Kandidat Kuat di Pilwali

Pakar Politik Universitas Muhamadiyah Kendari (UMK), Andi Awaluddin Ma’ruf mengatakan, dukungan Partai NasDem kepada SKI, menjadikannya sebagai salah satu kandidat terkuat Calon Wali Kota Kendari Periode 2024-2029.

“Dukungan (Partai NasDem) meningkatkan kepercayaan diri calon (SKI) dalam menghadapi Pilkada 2024,” ungkap Awaluddin, Minggu (23/6/2024).

Selain karena didukung Partai NasDem, kata Awaluddin yang juga Ketua Lembaga Indeks Insan Politeia (IIP), keunggulan SKI juga terlihat dari hasil survei yang dilakukan pihaknya bekerja sama dengan Lapsipol Fisip UMK.

Hasilnya, sekitar 12,4 persen memilih Siska Karina Imran sebagai Wali Kota Kendari 2024, kemudian 11, 5 persen menjawab Abdul Rasak, dan Sitya Giona Nur Alam 10,6 persen.

Selanjutnya, sekitar 4,4 persen memilih Aksan Jaya Putra , Abdul Rahman 4,3 persen, Sudirman 1 persen, Musadar Mappasomba 0.8 persen dan sisanya sekitar 55 persen warga menjawab belum ada dan tidak tahu siapa akan dipilih.

“Data survei ini sifatnya tentatif atau sementara waktu, sebagai gambaran opini publik warga Kendari saat survei dilakukan. Trend (pilihan) bisa saja berubah seiring waktu menjelang Pilkada ke depannya,” kata Awaluddin.

Ia menambahkan, data survei ini juga menunjukkan bahwa kontestasi Pilwali ke depannya masih sangat dinamis. Trend pemilih masih terbuka dan membuka ruang dan peluang yang besar bagi kontestan, untuk berlomba melakukan sosialisasi dan kampanye politik meraih dukungan politik dari masyarakat.

“Yang paling penting adalah Pilkada ke depannya bisa menjadi proses ajang partisipasi politik. Diharapkan, pilihan masyarakat yang lahir dari integritas dan mencerminkan hasil kehendak pilihan rakyat secara mandiri dan independen, yang berlangsung umum bebas rahasia serta jujur dan adil,” harapnya.

Sekadar informasi, dukungan dari Partai NasDem membuat pasangan calon (Paslon) SKI - Sudirman mengoleksi 5 kursi maju di Pilwali Kendari. SKI masih butuh 2 kursi lagi untuk memenuhi syarat pencalonan di Pilwali Kendari. (ags/ali/b)

SISKA MENATAP PILWALI KENDARI

1.Pasangan Ideal di Pilwali
-Siska Karina Imran adalah mantan Wakil Wali Kota Kendari
-Siska menggandeng Sudirman sebagai wakil di Pilwali Kendari
-Sudirman adalah peraih suara terbanyak dalam Pileg 2024 dapil Kota Kendari
-Perolehan suara pribadi Sudirman mencapai angka 18.386 suara
-Perolehan suara ini menjadi modal berharga dalam pertarungan Pilwali November mendatang

2.Aktor Penting Dibelakang Siska
*Adriatma Dwi Putra
-Mantan Wali Kota Kendari
-Suami Hj Siska Karina Imran
-Sangat mengetahui karakter pemilih Kota Kendari
-Modal penting memenangkan Pilwali Kendari
*Ir. Asrun
-Mantan Wali Kota Kendari dua periode
-Mantan Ketua DPD PAN Kendari
-Mertua Hj Siska Karina Imran
-Sangat mengetahui karakter pemilih maupun peta politik Kota Kendari
-Modal berharga menyusun strategi memenangkan Pilwali
*Ali Mazi
-Jika SKI resmi mendapat SK Nasdem maju Pilwali, maka mantan Gubernur Sultra dua periode ini bisa menjadi kekuatan tambahan
-Ali Mazi punya simpatisan dari berbagai daerah, termasuk di Kendari
-Ditambah lagi kekuatan struktur partai hingga tingkat bawah
*Keluarga Imran
-H. Imran (Almarhum) adalah mantan Bupati Konsel dua periode
-Mantan anggota DPR RI utusan Sulawesi Tenggara
-Punya riwayat keluarga politisi yang berpengalaman
-Punya basis massa dan simpatisan loyal
-Modal penting di Pilwali Kendari
*Pimpinan Parpol Lainnya
-Siska masih bidik PAN dan Demokrat
-Partai ini punya riwayat bagus dalam Pilwali Kendari
-Dalam beberapa edisi Pilwali, selalu menjadi pemenang
-Asrun dan ADP menggunakan PAN sebaai kendaraan politik saat memenangkan Pilwali

3.Dukungan Parpol
-Siska sudah mendapat dukungan Partai Nasdem
-Nasdem punya 5 kursi di DPRD Kendari
-Masih butuh tambahan minimal 2 kursi lagi
-Supaya bisa memenuhi syarat pendaftaran minimal 20 persen atau 7 kursi

4.Masih Bidik Parpol Lain
-Siska masih bidik PAN dan Demokrat yang masing-masing punya 4 kursi
-Jika dua atau salah satu bergabung, maka sudah mencukupi syarat pencalonan
-PKS yang punya 6 kursi juga berpeluang mengusung Siska
-Sebab, Sudirman adalah kader sekaligus anggota DPRD PKS

KOMPOSISI KURSI DPRD KENDARI
Partai Golkar: 6 Kursi
PKS : 6 Kursi
Nasdem: 5 Kursi
PDIP: 5 Kursi
PAN: 4 Kursi
Demokrat: 4 Kursi
Gerindra: 2 Kursi
Perindo: 2 Kursi
PPP: 1 Kursi
Total: 35 Kursi

Sumber Data: Diolah Kendari Pos dari Berbagai Sumber
Sumber: KPU Kota Kendari

  • Bagikan