Kompetisi Merebut Kursi Bupati

  • Bagikan

--Figur Kondang di Bursa Pilkada Konsel

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tahun 2024 telah ditabuh KPU. Tahapan Pilkada sudah berjalan. Para bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati “berburu” partai politik (parpol) pengusung di Pilkada. Mereka akan berkompetisi dalam perebutan kursi Bupati Konsel pada 27 November 2024.

Balon bupati akan berebut meraih simpati 218.943 pemilih (DPT Pemilu 14 Februari 2024). Jumlah DPT Pemilu itu sebagai gambaran pemilih di Konsel. Saat ini KPU setempat tengah memutakhirkan data, jelang Pilkada November 2024.

Beberapa tokoh atau figur kondang digadanggadang bakal bertarung dalam kontestasi politik 5 tahunan tersebut. Figur-figur itu santer terdengar dalam diskusi publik Konsel.

Ada nama Muh Endang SA, Ketua DPD Partai Demokrat Sultra. Muh Endang dan Rasyid sebagai “veteran” Pilkada. Endang tercatat 2 kali Endang “tempur” di palagan Pilkada Konsel. Pada Pilkada 2015, Endang berpasangan dengan Muh. Nurfa Thalib. Di arena Pilkada 2020, Endang berpasangan dengan Wahyu Ade Pratama.

Veteran lainnya adalah Rasyid sekaligus petahana. Rasyid saat ini adalah Wakil Bupati Konsel. Ia bersama Bupati Surunuddin Dangga memenangkan Pilkada tahun 2020. Pada Pilkada 2024, Rasyid kembali tampil di pertarungan Pilkada Konsel.

Selain Endang dan Rasyid, kompetitor lainnya adalah new comer (pendatang baru) di kancah Pilkada Konsel. Mereka adalah Ketua DPD Partai NasDem Konsel Adi Jaya Putra. Putra Bupati Konsel Surunuddin Dangga itu memilih berpasangan dengan James Adam Moke yang berlatar belakang birokrasi.

Figur kondang di Konsel yang bakal turun tarung di palagan Polkada adalah Irham Kalenggo. Saat ini Irham menjabat Ketua DPRD Konsel. Selain itu juga ada nama Muhammad Radhan Algindo Nur Alam. Ia membidik kursi Bupati Konsel. Informasi yang beredar, Radhan memilih Rasyid (Wakil Bupati Konsel saat ini) sebagai pasangannya di Pilkada.

Figur lainnya yang mencuat di tengah publik adalah Herman Pambahako. Anggota DPRD Konsel dari Fraksi PDI Perjuangan itu menggandeng Herianto yang memiliki latar belakang birokrasi sebagai pasangannya.

Ada pula nama Wakil Ketua DPRD Konsel Fraksi Gerindra, Armal. Kemudian nama Adi Yusuf Tamburaka yang berlatar belakang birokrat. Lalu, dr Dewa Putu Ardika yang merupakan anggota DPD RI periode 2019-2024 asal Dapil Sultra.

Figur-figur tersebut merupakan tokoh-tokoh kondang di jagat politik menjelang Pilkada Konsel. Dalam berbagai kesempatan Adi Jaya Putra menyatakan, memantapkan diri maju sebagai bakal calon Bupati Konsel periode 2024-2029. Saya memohon doa kepada seluruh masyarakat untuk maju sebagai calon Bupati Konsel periode 2024-2029,” ujarnya kepada Kendari Pos dalam sebuah kesempatan.

Begitu pula Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo yang mantap bertarung pada Pilkada 2024. Ketua DPD Partai Golkar Konsel itu mengungkapkan fokus bersosialisasi di tengah masyarakat sebagai bakal calon Bupati Konsel pada Pilkada 2024.

“Alhamdulillah, untuk partai Golkar baik ketua maupun anggota tingkat desa dan kecamatan, telah sepakat untuk mengusung saya sebagai bakal calon Bupati Konsel mengantikan senior saya bapak Bupati H Surunuddin Dangga, yang sudah 2 periode. In Sya Allah saya 99 persen nyatakan diri siap maju sebagai bakal calon Bupati Konsel,” tuturnya.

Irham mengaku sangat serius bertarung di Pilkada. Bahkan ia rela menanggalkan jabatannya di DPRD Konse. “In Sya Allah saya 99 persen nyatakan diri siap maju sebagai bakal calon Bupati Konsel.

Saya siap menanggalkan jabatan ketua dan keanggotaan di DPRD Konsel untuk periode ke-5,” kata Irham.

Bakal calon Bupati Konsel lainnya, Radhan Algindo Nur Alam pada berbagai kesempatan menyatakan siap maju bertarung di Pilkada Konsel 2024. Bahkan jauh sebelum tahapan Pilkada berjalan, pada 2022 Radhan blusukan ke kampung-kampung di Konsel dalam kegiatan yang dikemas “Pesta Rakyat” dengan mengusung tagline “Konsel Kampung Kita”. “Izinkan saya tuntaskan perjuangan ini dan menjadi bupatinya Konawe Selatan,” ujarnya.

Menurutnya, Allah SWT melihat ketulusan berjuang untuk seluruh masyarakat Konsel. “Saya wakafkan diri saya untuk Konsel. Seluruh orang tua saya di Konsel, mohon doakan anakmu ini menjadi Bupatinya Konsel,” kata Radhan.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Sultra, Muhammad Endang, mengabdikan diri untuk tanah kelahirannya, Konsel. Terkait maju Pilkada 2024, Endang masih mengamati terlebih dahulu keinginan masyarakat dan penugasan Partai Demokrat untuk mengambil sikap tampil di pilkada atau tidak. Karena pasti Partai Demokrat akan menurunkan survei.

“Kita melihat dulu situasi politik seperti apa perkembangannya. Termasuk hasil survei. Lalu melangkah pada sikap akan maju di pilkada atau seperti apa,” kata Muhammad Endang kepada Kendari Pos dalam sebuah kesempatan.

Anggota DPRD Konsel Fraksi PDI Perjuangan, Herman Pambahako adalah salah satu figur yang sudah menyatakan maju sebagai bakal calon Bupati Konsel. Alat peraga tersebar seantero Konsel, sosialisasi ke masyarakat gencar dilakukan.

“Sebelum saya nyatakan sikap maju sebagai bakal calon Bupati Konsel, saya sudah minta restu kepada istri, orang tua dan keluarga. Alhamdulillah, mereka mengizinkan. Kini saatnya saya minta restu kepada seluruh kader PDIP, dan saya mengajak untuk bersama-sama memenangkan pertarungan ini,” kata mantan Ketua Tamalaki Sultra ini.

Selain itu, Adi Yusuf Tamburaka menyatakan sikap siap bertarung pada Pilkada Konsel. Ia mengatakan, memiliki tekad niatan yang tulus untuk membangun kampung kelahiran, Konsel.

“Konsep pembangunan akan dimulai dari desa. Hal itulah yang akan dilakukan jika Tuhan Yang Maha Esa dan masyarakat Konsel merestui niat saya ini menuju 01 Konsel pada pilkada,” ujar Adi. (ndi/b)

  • Bagikan

Exit mobile version