Kostantinus Komitmen Wujudkan ASN Ber-AKHLAK

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Bupati Buteng Kostantinus Bukide (kiri) mengambil sumpah jabatan Kasat Pol PP Buteng La Saripi (kanan) sebagai Pj Sekda Buteng, Jumat (14/6/2024). (ERLIN IPO / KENDARI POS)
Penjabat (Pj) Bupati Buteng Kostantinus Bukide (kiri) mengambil sumpah jabatan Kasat Pol PP Buteng La Saripi (kanan) sebagai Pj Sekda Buteng, Jumat (14/6/2024). (ERLIN IPO / KENDARI POS)

--La Saripi Dilantik Jadi Penjabat Sekda Buteng

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Buton Tengah (Buteng) lowong sejak ditinggalkan Kostantinus Bukide yang naik "takhta" menjadi Penjabat (Pj) Bupati Buteng. Selama 2 pekan jabatan Sekda Buteng diisi oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekda yakni Syamsudin Pamone.

Usai salat Jumat (14/6/2024), kemarin, Pj Bupati Buteng Kostantinus Bukide melantik Kasat Pol PP Buteng La Saripi sebagai Penjabat Sekda Buteng. Jabatan definitif La Saripi adalah Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP Buteng). Pelantikan La Saripi selaku Pj Sekda setelah Pj Bupati Buteng Kostantinus Bukide mendapat "restu" dari Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto.

"Dia (La Saripi) sosok yang bisa mengayomi. Dengan segudang pengalaman duduk di eselon II, beberapa dinas sudah pernah dipimpinnya. Kita berharap dengan tugas tambahannya sebagai sekda ini, La Saripi dapat memberikan kontribusi yang baik untuk pelayanan," ujar Pj Bupati Kostantinus Bukide saat ditemui Kendari Pos di ruang kerjanya, Jumat (14/6/2024).

Sebagai Pj Bupati yang tidak memiliki wakil bupati, Kostantinus akan melakoni perannya sebagai kepala daerah dengan didampingi Sekda. Ia yakin, penerapan core value ASN Ber-AKHLAK akan lebih mudah lagi dijalankan. Ber-Akhlak merupakan akronim dari
Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten

Berorientasi Pelayanan, yakni adanya komitmen ASN dalam memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat. Akuntabel bermakna memiliki rasa tanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan.

Kompeten, berarti adanya keinginan dan kemauan untuk terus belajar, serta mengembangkan kapabilitas ASN. Harmonis, bermakna saling peduli dan menghargai perbedaan. Loyal, bermakna berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.

Adaptif bermakna terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan, dan Kolaboratif, yakni membangun kerjasama yang sinergis.

"Kita komitmen mewujudkan ASN Ber-AKHLAK itu. Sehingga perlu kolaborasi. Yang paling penting tugas saya dan Pj Sekda itu berkonsolidasi untuk menciptakan Pilkada damai dan menjaga netralitas ASN, serta menjalankan hal-hal rutin administrasi kita," tutur Pj Bupati Kostantinus.

Lebih jauh, Pj Bupati Kostantinus mengimbau OPD untuk mendukung kerja-kerja pimpinan. Pembangunan, kata dia, butuh dukungan dan kolaborasi, sebab sehebat apapun pimpinan, jika tak didukung dengan jajaran kerja yang baik maka hasilnya tak akan maksimal.

"Visi dan misi sudah jelas, program-program sudah ada. Tinggal kita jalankan, awasi dan evaluasi. Kita hanya melanjutkan saja," pungkas Pj Bupati Kostantinus. (lyn/b)

  • Bagikan

Exit mobile version