Seleksi Calon ASN Dibuka Juli

  • Bagikan
(Ilustrasi : bkn.go.id)
(Ilustrasi : bkn.go.id)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Jadwal seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 dipastikan mundur. Seleksi mungkin baru dibuka pada Juli 2024 dari target semula berlangsung bulan ini.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Rini Widyantini mengatakan, perubahan jadwal itu berkaitan dengan baru diserahkannya data kebutuhan formasi CASN oleh kementerian/lembaga.

Di sisi lain, Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih memvalidasi data formasi tersebut agar sesuai antara data kebutuhan ASN dan jumlah yang diusulkan. Apabila proses tersebut rampung, kata dia, penetapan formasi pun dilakukan.

Sebagai informasi, total persetujuan formasi kebutuhan untuk CASN 2024 sebelumnya diumumkan sebanyak 1.289.824. Jumlah itu terbagi menjadi 427.650 formasi untuk instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah. Angka itu termasuk talenta digital yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dari total formasi tersebut, harus ada surat keputusan (SK) penetapan formasi kebutuhan resmi hingga akhirnya bisa diumumkan. ”Mudah-mudahan. Kita mintanya Juni seharusnya sudah selesai (penetapan formasi, red) supaya Juli bisa (dibuka tahapan seleksinya, red),” ungkap Rini di kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta, kemarin.

Meski mundur dari target, Rini tetap optimistis seleksi CASN bisa diselenggarakan 3 kali tahun ini. Di sisi lain, Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengatakan, pihaknya telah selesai melakukan pemetaan dan penilaian potensi maupun kompetensi terhadap 111.714 ASN yang akan dipindahkan ke IKN. "Angka itu diperoleh dari proses pemetaan dan penilaian yang dilakukan sejak 2023," ujar Haryomo. (mia/c7/fal)

  • Bagikan