TKD Rp 549,18 Miliar, Disalurkan Rp 205,31 Miliar

  • Bagikan
DANA TRANSFER : Bupati Konkep, H. Amrullah (kiri) saat membuka kegiatan audiensi koordinasi penyaluran dana transfer ke daerah di pendopo Rujab, kemarin.(MUHAMMAD RAJIB HASLIM/KENDARI POS)
DANA TRANSFER : Bupati Konkep, H. Amrullah (kiri) saat membuka kegiatan audiensi koordinasi penyaluran dana transfer ke daerah di pendopo Rujab, kemarin.(MUHAMMAD RAJIB HASLIM/KENDARI POS)DANA TRANSFER : Bupati Konkep, H. Amrullah (kiri) saat membuka kegiatan audiensi koordinasi penyaluran dana transfer ke daerah di pendopo Rujab, kemarin.(MUHAMMAD RAJIB HASLIM/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) terus memaksimalkan penyaluran serapan anggaran dana transfer pusat ke daerah. Bekerja sama dengan pihak Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), baru saja digelar audiensi koordinasi penyaluran dana transfer ke daerah (TKD).

Bupati Konkep, H. Amrullah, mengatakan, penyaluran dana transfer ke daerah merupakan salah satu upaya Pemerintah Pusat untuk memercepat pemerataan pembangunan pada seluruh daerah di Indonesia. Dengan begitu, semua daerah dapat memercepat penggunaan dana transfer sesuai tata kelola keuangan yang baik.

“Penyaluran dana TKD ini harus terus dikoordinasikan dengan semua pihak terkait, sehingga bisa terserap sesuai peruntukannya. Dengan koordinasi dan sosialisasi seperti ini, dapat memberikan manfaat bagi Konkep, khususnya kami dalam pengelolaan dan penggunaan dana transfer untuk pembangunan daerah,” jelas H. Amrullah, Rabu (12/6).

Konkep-1 itu merinci, pada tahun 2024 dana transfer pusat di otoritanya mencapai Rp 549,182 milliar. Total anggaran tersebut berasal dari dana alokasi umum (DAU), dana bagi hasil (DBH), dana alokasi khusus (DAK) fisik dan nonfisik serta dana desa.

“Dana alokasi transfer ke daerah ini harus dapat digunakan sebaik-baiknya. Karena dapat meningkatkan pelayanan publik dan memacu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten Konkep. Terutama dalam meningkatkan infrastruktur, layanan publik hingga ekonomi lokal,” tegas bupati dua periode tersebut.

Sementara itu Kakanwil DJPb Sultra, Syarwan, mengatakan, penyaluran dana transfer di Konkep mengalami tren peningkatan nominal dalam lima tahun terakhir. Rata-rata sejak tahun 2020 hingga 2023 mencapai Rp 540 miliar. “Untuk tahun 2024 ini pagu TKD sebesar Rp 549,18 miliar. Per 10 Juni telah disalurkan Rp 205,31 miliar atau 37,39 persen,” rinci Syarwan. (b/jib)

  • Bagikan

Exit mobile version