Palagan Pilkada Konut “Membara”

  • Bagikan
ILUSTRASI : AGR / KENDARI POS
ILUSTRASI : AGR / KENDARI POS

--Kandidat Siap Tarung, Siap Menang

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Waktu terus berputar. Jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kian dekat. Begitu pula di Pilkada Konawe Utara (Konut). Palagan pertarungan para figur di Pilkada Konut kini "membara". Bakal calon bupati dan wakil bupati terus bergerak meraih simpati rakyat. Mesin politik sudah dipanaskan. Strategi pemenangan diramu seapik mungkin sembari melirik kelemahan kompetitor. Jaring-jaring perimeter (garis pertahanan) dipasang kokoh untuk menghalau "serangan" lawan.

Pilkada Konut di isi figur-figur hebat yang sarat pengalaman diberbagai palagan pengabdian, baik di ranah birokrasi pun di jagat politik. Mereka juga punya "amunisi" yang mumpuni sebagai bekal "perang" memperebutkan kursi Bupati Konut.

Ada nama Ketua DPRD Ikbar sekaligus kader PBB. Ada Wakil Bupati Konut Abuhaera. Ada mantan Wakil Bupati Konut sekaligus Ketua DPD PAN Konut Rauf. Ada anggota DPRD Konut yang juga Ketua DPD Nasdem Konut Sudiro.

Nama AS Ruslan juga masuk dalam bursa kontestan Pilkada Konut. Ruslan adalah mantan Kepala Dinas PU Konut yang juga putra mantan Bupati Konut Aswad Sulaiman. Selain itu, Ketua DPC Gerindra Konut Risman hingga eks Sekda Konut dr. Martaya ikut mengisi bursa Pilkada.

Kompetisi mulai sengit. Beberapa kandidat sudah menyatakan menyatu untuk berpasangan dalam kontestasi 5 tahunan itu. Ikbar dan Abuhaera bermaklumat untuk bersama-sama memenangkan Pilkada. Duet berakronim Berikrar itu sudah siap tarung.

"Kami sudah siap tarung. Jika kandidat lain baru sebatas mendapat surat tugas, tetapi pasangan Ikbar dan Abuhaera sudah pasti dapat kursi parpol menuju Pilkada. Kursi PBB di DPRD Konut sudah melebihi dari syarat pencalonan. Itu kesiapan pasangan calon (paslon) Ikbar-Abuhaera," ujar Abuhaera kepada Kendari Pos, Rabu (12/6/2024).

Meski duet Ikbar-Abuhaera sudah melebihi syarat minimal pencalonan Pilkada, kedunya tetap membangun gerbong koalisi dengan partai politik (parpol) lain. Saat ini, beberapa parpol memberikan surat tugas kepada pasangan Ikbar-Abuhaera. "Seperti Partai Hanura, PBB dan Partai Demokrat. Itu sudah diberikan surat tugas," ungkap Abuhaera.

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Konut itu menuturkan, surat tugas dari PKB, Golkar dan PDIP kian mengerucut diberikan kepada duet Ikbar-Abuhaera. "Yang pasti pasangan Ikbar-Abuhaera sudah siap lahir batin. Bangunan koalisi dengan parpol lainnya sudah dikomunikasikan," tegas Abuhaera.

Tak mau kalah, pergerakan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Konut, Sudiro-Rauf (Suara), duet Ruslan-Risman (RR) juga santer terdengar. Sedangkan bakal calon Bupati Konut dr. Martaya masih bergerak senyap. Ia terus membangun komunikasi kepada parpol pemilik kursi di DPRD Konut.

Bakal calon Wakil Bupati Konut Rauf memastikan duet Sudiro-Rauf tampil di panggung Pilkada Konut. Rauf mengaku duet Suara (Sudiro-Rauf) siap tarung dan siap menang. "In Sya Allah, Sudiro-Rauf berpasangan di Pilkada," ujarnya saat dihubungi Kendari Pos, baru-baru ini.

Mantan Wakil Bupati Konut itu menegaskan, komunikasi politik dengan parpol lain juga sedang dijajal untuk bergabung dalam barisan koalisi. Hanya saja, Rauf enggan membocorkan partai mana saja yang akan diajak berkoalisi.

Ketua DPD PAN Konut itu hanya memberi kisi-kisi calon parpol koalisinya. "Gambarannya, parpol pemilik kursi yang tidak mendorong kadernya maju dalam kontestasi Pilkada," ungkap Rauf.

Sementara itu, bakal calon Bupati Konut dr.Martaya masih enggan memberikan terbuka soal kesiapannya tampil di Pilkada Konut.

"Barangkali nggak usah dulu, mas. Masih menunggu hari yang pas,"ujar mantan Sekda Konut itu melalui pesan singkatnya. (min/b)

PERTARUNGAN FIGUR KONDANG

SIAP "TEMPUR"
-Palagan pertarungan para figur di Pilkada Konut kini "membara"
-Bakal calon bupati dan wakil bupati terus bergerak meraih simpati rakyat
-Mesin politik sudah dipanaskan.
-Strategi pemenangan diramu seapik mungkin sembari melirik kelemahan kompetitor
-Jaring-jaring perimeter dipasang kokoh untuk menghalau "serangan" lawan

PENGALAMAN DAN "AMUNISI"
-Pilkada Konut diisi figur-figur hebat
-Mereka sarat pengalaman diberbagai palagan pengabdian
-Pengabdian di ranah birokrasi pun di jagat politik
-Mereka juga punya "amunisi" yang mumpuni
-"Amunisi" itu sebagai bekal "perang" memperebutkan kursi Bupati Konut

FIGUR HEBAT BERTARUNG
-Pilkada Konut menjadi palagan "pertarungan figur hebat
-Ada nama Ketua DPRD Ikbar sekaligus kader PBB
-Ada Abuhaera, Wakil Bupati Konut saat ini
-Ada Rauf, mantan Wakil Bupati Konut sekaligus Ketua DPD PAN Konut
-Ada Sudiro, anggota DPRD yang juga Ketua DPD Nasdem Konut
-Nama AS Ruslan juga masuk dalam bursa kontestan Pilkada
-Ruslan adalah mantan Kepala Dinas PU Konut yang juga putra mantan Bupati Konut Aswad Sulaiman
-Selain itu, Ketua DPC Gerindra Konut Risman
-Termasuk eks Sekda Konut dr. Martaya

PUNYA PASANGAN
-Beberapa kandidat sudah menyatakan menyatu dalam Pilkada
-Ikbar dan Abuhaera bermaklumat untuk memenangkan Pilkada
-Duet berakronim "Berikrar" itu sudah siap tarung
-Lalu, ada pasangan Sudiro-Rauf (Suara)
-Sudiro sebagai bakal calon bupati, Rauf sebagai bakal calon wakil bupati
-Selain itu, ada pasangan Ruslan-Risman (RR)
-Ruslan sebagai bakal calon bupati, Risman sebagai bakal calon wakil bupati

DATA DIOLAH KENDARI POS DARI BERBAGAI SUMBER

  • Bagikan