Efektifkan Penggunaan E-Journal, UPT Perpustakaan-Pascasarjana UHO Helat Sosialisasi

  • Bagikan
Suasana sosialisasi e-journal dan e-book yang dihelat UPT Perpustakaan UHO dan Prigram Pascasarjana UHO di Same Hotel Kendari, kemarin (12/6). (Ewin Endang Syahputri/Kendari Pos)
Suasana sosialisasi e-journal dan e-book yang dihelat UPT Perpustakaan UHO dan Prigram Pascasarjana UHO di Same Hotel Kendari, kemarin (12/6). (Ewin Endang Syahputri/Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dalam rangka mengefektifkan penggunaan ejournal maupun e-book, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan kerja sama dengan Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo (UHO) melaksanakan sosialisasi ejournal dan e-book, di Same Hotel Kendari, Rabu (12/6).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Nur Arafah, M.Si., menyebut bahwa keberadaan e-journal dalam dunia akademik adalah suatu hal yang wajib. “Syarat untuk menjadi doktor maupun magister itu mahasiswa harus membuat sebuah riset. Ide awal untuk mencari sebuah riset adalah adanya e-journal dan ebook,” ucapnya.

Dijelaskan bahwa mahasiswa harus mampu mencari jurnal yang terbaru. Persoalan sekarang itu mau akses ejournal nya dimana. “Untuk itu diharapkan pemateri yang dihadirkan dapat memberikan pemahaman terkait dimana tempat mencari e-journal internasional dan pentingnya keberadaan jurnal di dunia pendidikan,” bebernya.

Ia juga menuturkan bahwa e-book merupakan sarana untuk pendalaman suatu hal. “Oleh karena itu keberadaan e-journal dan e-book sangatlah penting adanya. Saya harapkan untuk para peserta dapat memanfaatkan dengan sebaik mungkin. Sehingga bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat,” tutur Nur Arafah.

Kepala UPT Perpustakaan UHO, Muhamad Alim Marhadi, S.Pd., M.Pd., mengatakan sosialisasi tersebut sudah pernah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja dalam pelaksanaan kegiatan itu kepada stakeholder, antara lain pimpinan fakultas, wakil dekan bidang akademik, ketua jurusan dan koordinator program studi.

“Melalui kegiatan ini kami berharap agar peserta menjadi katalis untuk mempercepat proses dalam mengakses e-journal,” ujarnya.

Alim Marhadi menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut sangat efektif dalam mempercepat proses mengakses e-journal. “Namun dalam perjalanannya itu kita mendapatkan kendala seperti kurangnya komunikasi mahasiswa dengan pengelolaan jurusan. Oleh karena itu, kita berinisiatif menggelar kegiatan serupa tetapi melibatkan mahasiswa Pascasarjana. Dimana mahasiswa Pascasarjana membutuhkan banyak reverse jurnal yang bereputasi,” jelasnya.

Setelah adanya kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa Pascasarjana itu komunikasinya dengan penyedia jurnal itu lebih intens dan lebih efektif. “Sehingga ketika kita mendapatkan kendala, kita bisa langsung menghubungi pihak penyedia e-journal. Kemudian harapan saya adalah setelah adanya kegiatan hari ini, ilmu yang dapat itu bisa dimanfaatkan nantinya dan penggunaan e-journal pun semakin efektif,” harapnya.

Sementara, Direktur Pascasarjana UHO, Prof. Dr. Ir. Takdir Saili, M.Si melihat peluang peran pentingnya keberadaan sumber pustaka olehnya itu, Pascasarjana dan UPT Perpustakaan UHO menginisiasi kegiatan tersebut. “Kebetulan ada perusahaan yang bersiap untuk berbagi tentang tema salah satunya adalah PT Jasaraya Tama Jaya Buana yang juga sudah lama berlangganan dengan UHO untuk membantu penyediaan jurnal,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan ini juga sangat penting untuk mahasiswa S2 dan S3. Karena mereka diwajibkan untuk menerbitkan karya ilmiah di akhir tugasnya, maka jurnal itu penting. “Untuk itu kegiatan hari ini itu diharapkan dapat bermanfaat bagi para peserta. Sementara mahasiswa Pascasarjana yang hadir kali ini kurang lebih 150 orang,” tutupnya. (win/b)

  • Bagikan

Exit mobile version