Mandala Waluya Kembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi

  • Bagikan
Rektor UMW, Dr. Ratna Umi Nirlila (tengah), didampingi Pembantu Rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama Totok Surianto (paling kiri), saat mendatangkan kerjasama dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sultra.
Rektor UMW, Dr. Ratna Umi Nirlila (tengah), didampingi Pembantu Rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama Totok Surianto (paling kiri), saat mendatangkan kerjasama dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sultra.

--Jalin Kerja Sama dengan Dinas Perpustakaan Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Universitas Mandala Waluya akan kembangkan perpustakaan perbasis inklusi sosial. Rencana tersebut diawali dengan terjalinnya MoU antara Universitas Mandala Waluya (UMW) dan Dinas Perpustakaan & Kearsipan Provinsi Sultra.

Menurut Rektor UMW, Dr. Ratna Umi Nurlila, Penandatanganan MoU antara ke dua lembaga itu berisikan Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi sosial, dimana ruang lingkup kerjasamanya meliputi: Pengembangan sistem informasi perpustakaan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Lalu pengembangan sumber daya manusia bidang perpustakaan. Pengembangan dan pemanfaatan bersama koleksi perpustakaan. Penghimpunan dan pelestarian Karya Cetak Karya Rekam (KCKR). Promosi minat baca dan penelitian karya ilmiah. Serta pelibatan segenap Civitas akademis untuk melakukan pembinaan pemustaka dalam rangka peningkatan kesejahateraan.

Selanjutnya MoU di tindak lanjuti dengan Memorandum of Agreement (MoA) atau Perjanjian Kerja Sama antara Universitas Mandala Waluya dengan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Sultra tentang Peningkatan Layanan Perpustakaan Dan Kapasitas Pengelola Perpustakaan.

Manfaatnya bagi lembaga yakni Universitas Mandala Waluya tentunya akan berkoordinasi dengan Dinas Perpustakaan untuk mendapatkan pembinaan dan pendampingan. Yaitu agar perpustakaan UMW bisa memaksimalkan Kualitas baik pelayanan, fasilitas sarana dan prasarana perpustakaan, jumlah dan kualitas buku dan referensi lainnya."Sehingga perpuskaan Universitas Mandala Waluya memenuhi standar ideal perpustakaan, "paparnya.

Selanjutnya manfaat bagi mahasiswa dengan adanya kerjasama ini, sebagai wadah sarana untuk memperoleh referensi pustaka dalam setiap pengembangan ilmu.Yaitu melalui kuliah, karya tulis Ilmiah, artikel Ilmiah maupun kegiatan ekstra kurikuler, selain itu juga mahasiswa UMW memperoleh akses dalam menggunakan fasilitas perpustakaan baik Perpustakaan UMW dan Perpustakaan Nasional Prov. Sultra.

"Targetnya dengan adanya MoU dan MoA tentunya untuk pengembangan Perpustakaan Universitas Mandala Waluya, Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa Universitas Mandala Waluya, terbentuknya Duta Baca di kalangan Mahasiswa, adanya kegiatan-kegiatan ilmiah seperti Bedah Buku, Peningkatan literasi di kalangan Mahasiswa dan kegiatan Positif lainnya, "pungkasnya.(adv)

  • Bagikan

Exit mobile version