Kajati Hendro Langsung Berkantor

  • Bagikan
Kepala Kejaksaan Tinggi Sultra, Hendro Dewanto
Kepala Kejaksaan Tinggi Sultra, Hendro Dewanto

--Siang Dilantik di Jakarta, Sore Terbang ke Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara (Kajati Sultra), Hendro Dewanto saat ini sudah berada di Kota Kendari. Sore kemarin (11/6/2024), dia langsung terbang ke Sultra usai dilantik Jaksa Agung, ST Burhanuddin di Jakarta. Hendro Dewanto dijadwalkan rapat bersama jajaran di Kejati Sultra, hari ini Rabu (12/6/2024).

"Pak Kajati sudah ada di Kendari. Informasinya, beliau akan memberikan pengarahan kepada jajaran pegawai Kejati Sultra besok (hari ini,red)," ungkap Dodi, Kasi Penkum Kejati Sultra, Selasa malam (11/6/2024).

Hendro Dewanto resmi menjabat sebagai Kajati Sultra usai dilantik Jaksa Agung, ST Burhanuddin, Selasa (11/6/2024). Menurut Jaksa Agung Burhanuddin, para Kajati yang dilantik adalah orang-orang pilihan.

"Mereka pribadi terpilih dan mempunyai kualitas yang dibutuhkan, untuk memimpin dan menggerakkan roda bidang ataupun satuan kerja yang dipimpin, dalam upaya mendukung terwujudnya visi dan misi institusi kejaksaan," ungkap Jaksa Agung Burhanuddin.

Dalam kesempatan itu juga, Jaksa Agung Burhanuddin memberikan beberapa pesan penting kepada seluruh pejabat yang dilantik. Termasuk Kajati Sultra, Hendro Dewanto.

"Dalam rangka pelaksanaan tugas, saya memberikan beberapa pokok penekanan tugas yang harus segera disesuaikan dan dilaksanakan," tegas Jaksa Agung Burhanuddin.

Kepada para Kepala Kejaksaan Tinggi yang baru dilantik, Jaksa Agung Burhanuddin menekankan agar Kajati memastikan terlaksananya pola penegakan hukum yang humanis serta proporsional. Dengan memperhatikan nilai-nilai keadilan yang hidup di tengah masyarakat. Serta menyeimbangkan dengan kemanfaatan, dan kepastian hukum untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap Kejaksaan.

"Juga tingkatkan pengawasan melekat terhadap seluruh jajaran di satuan kerja masing-masing. Pedomani Surat Jaksa Agung Nomor 3 tanggal 17 Januari 2022 tentang Meningkatkan Pengawasan Melekat pada Satuan Kerja," harap Jaksa Agung Burhanuddin.

Dalam kesempatan itu, Jaksa Agung Burhanuddin juga mengingatkan bahwa prestasi selama 3 tahun terakhir, telah membawa Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum yang paling dipercaya masyarakat Indonesia.

Per tanggal 21 April 2024 lalu, Kejaksaan berada di urutan pertama sebagai lembaga penegak hukum paling terpercaya di angka 74,7% pada hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia. Menurut Jaksa Agung, capaian ini wajib disyukuri dan harus terus dijaga bersama-sama.

“Saya harap setiap pejabat yang baru saya lantik, dapat menunjukkan kinerja dan prestasi nyata. Bekerjalah menggunakan nurani dan akal sehat yang konsisten pada kebenaran, agar tindak-tanduk saudara selalu mendukung upaya menjadikan Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum nomor satu. Baik dari sisi penegakan hukum maupun pelayanan publik,” terang Jaksa Agung Burhanuddin.

Ia juga mengingatkan agar jangan sekali-kali melakukan penyimpangan atau penyalahgunaan wewenang atas jabatan yang sedang diemban. Dirinya pastikan, jika ada penyelewengan, maka akan ditindak tegas langsung.

“Saya berharap ke depan, saudara-saudara akan tetap bersemangat meningkatkan kinerja. Seraya selalu memberikan kontribusi positif dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya,” imbuh Jaksa Agung Burhanuddin. (ali)

  • Bagikan