JCH Sultra Bersiap Menuju Arafah

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Jemaah calon haji (JCH) asal Sulawesi Tenggara (Sultra) bersiap menuju Arafah. Rencananya, pemberangkatan akan dilakukan bertahap. Mulai 14 Juni 2024 atau 8 Zulhijah 1445 H. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kementerian Agama (Kemenag) Sultra memastikan, sejauh ini, semua JCH dalam kondisi baik dan sehat.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sultra, H. Muhammad Saleh mengatakan, JCH Sultra, terutama yang tergabung dalam kloter 28 UPG (Kota Kendari) dan kloter 29 UPG (Kendari, Buton, Konawe, Konawe Selatan, Wakatobi, Buton Utara, dan Konawe Kepulauan) bersiap menuju Arafah.

"Nanti, JCH Sultra akan diberangkatkan secara bertahap," ujar Muhammad Saleh kepada Kendari Pos, Senin (10/6/2024).

Saleh berpesan kepada JCH Sultra, agar senantiasa mengikuti petunjuk dan arahan pemerintah. Supaya bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik dan sesuai syariat.

Rangkaian ibadah haji, menurut Saleh, merupakan perjalanan spiritual mendalam yang menjadi cita-cita dan harapan bagi setiap umat muslim.

Untuk itu, Saleh berpesan selain menunaikan ibadah haji, keberadaan jemaah haji di tanah suci sekalian juga secara tidak langsung, membawa nama baik daerah dan bangsa pada umumnya.

Oleh karena itu, Kakanwil Kemenag Sultra Saleh mengharapkan kepada seluruh jemaah, untuk selalu menaati berbagai peraturan yang ada. Selalu tertib dan khidmat dalam melaksanakan tuntutan ibadah. Sehingga, dapat melaksanakan rangkaian pelaksanaan ibadah haji dengan sebaik- baiknya. Serta dapat kembali ke tanah air dalam keadaan sehat wal'afiat dan meraih predikat haji mabrur.

Lebih dari itu, Kakanwil Muh Saleh berharap, JCH bisa menjadi suri tauladan bagi jemaah dari daerah lain. "Tetap jaga kekompakan dan kebersamaan. Kepada seluruh petugas kloter yang menyertai, agar senantiasa memberikan layanan terbaik kepada seluruh jemaah haji yang ada di Mekkah," pungkasnya.

Sekadar informasi, Kanwil Kemenag Sultra memberangkatkan calon jemaah haji sebanyak 2.122 orang. Pemberangkatan dilakukan secara bertahap mulai dari kloter 28, 29, 31, 33, dan kloter 35 UPG.

Rinciannya, Kloter 28 sebanyak 450 orang asal Kota Kendari, Kloter 29 sebanyak 450 orang asal Kendari, Buton, Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Wakatobi, Buton Utara (Butur) dan Konawe Kepulauan (Konkep).

Selanjutnya, Kloter 31 sebanyak 450 orang asal Kendari, Muna, Kolaka, Kolaka Utara (Kolut), Konawe Utara (Konut), Buton Selatan (Busel) dan Muna Barat (Mubar), Kloter 33 sebanyak 450 orang asal Kolaka, Kolaka Timur (Koltim), dan Kloter 35 sebanyak 322 jamaah dari Kolaka, Konawe, Baubau, Bombana dan Buton Tengah (Buteng). (b/ags)

  • Bagikan