Ciptakan Pilkada Aman dan Demokratis

  • Bagikan

--Muh Yusup Rakor Bersama Forkopimda Bahas Pilkada 2024

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 tidak lama lagi digelar. Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari tengah bersiap menyambut pesta demokrasi 5 tahunan itu.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mulai merancang strategi untuk menyukseskan Pilkada serentak tahun ini. Ia menggandeng Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) termasuk tokoh agama, adat dan masyarakat untuk duduk bersama membahas persiapan Pilkada di Balai Kota Kendari, kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Muh Yusup menekankan pentingnya sinergisitas antara semua pihak untuk menjamin Pilkada berjalan dengan lancar, aman dan demokratis. Berkaca dari kesuksesan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yakni Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), ia meminta semua pihak untuk bahu membahu dan bersinergi untuk mengulang sukses tersebut.

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup memimpin pertemuan bersama Forkopimda membahas persiapan Pilkada 2024 di Balai Kota Kendari, kemarin. (AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)

“Alhamdulillah pada Pemilu 2024, Kota Kendari zero kasus (pelanggaran Pemilu). Tentunya ini semua kerja sama semua pihak dalam menyukseskan Pemilu presiden dan legislatif. Ini luar biasa. Saya juga diberikan apresiasi. Tentunya di Pemilukada ini tidak lepas dari peran semua unsur,” kata Pj Wali Kota Muh Yusup dalam rapat koordinasi persiapan Pilkada 2024 di Balai Kota Kendari, kemarin.

Pj Wali Kota Muh Yusup juga mengapresiasi dukungan Forkopimda, dinas terkait dalam menyukseskan Pemilu 14 Februari 2024. Dirinya menekankan pentingnya sinergisitas antara semua pihak untuk menjamin Pilkada berjalan dengan lancar, aman, dan demokratis.

“Atas nama Pemerintah Kota Kendari kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, sehingga dapat berjalan dengan baik,” ujar Pj Wali Kota Muh Yusup.

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup memimpin pertemuan bersama Forkopimda membahas persiapan Pilkada 2024 di Balai Kota Kendari, kemarin. (AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)

Terakhir, Pj Wali Kota Muh Yusup mengimbau kepada tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat agar membantu pemerintah dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah di Kota Kendari. “Kami berharap tokoh adat, agama dan masyarakat melibatkan diri dalam menciptakan situasi yang kondusif dan dapat bersinergi dengan TNI/Polri dalam upaya menjaga stabilitas lingkungan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari, Djunaidin Umar menjelaskan dalam rakor Pilkada tahun 2024 membahas berbagai strategi untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses pemilihan, termasuk pengamanan logistik, penegakan protokol kesehatan, serta upaya pencegahan dan penanggulangan potensi konflik.

“Pemkot Kendari berkomitmen menjaga integritas dan transparansi Pilkada, sambil memastikan bahwa seluruh tahapan berlangsung sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Djunaidin Umar.

Djunaidin menambahkan, pertemuan bersama Forkopimda ini juga menjadi momentum penting dalam memastikan bahwa Pilkada berjalan lancar, adil dan demokratis, sehingga masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya dengan aman dan nyaman.

“Melalui rapat koordinasi ini kita dapat melakukan persiapan Pemilukada agar dapat berjalan aman dan lancar, seperti mencegah adanya konflik dengan melakukan deteksi dini terkait adanya konflik serta menyediakan fasilitas dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah,” pungkas Djunaidin Umar. (ags/b)

KOORDINASI LINTAS UNSUR
-Pilkada serentak 2024 tidak lama lagi digelar
-Pemkot Kendari bersiap menyambut pesta demokrasi 5 tahunan itu
-Pemkot Kendari merancang strategi menyukseskan Pilkada serentak
-Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup menggandeng Forkopimda
-Termasuk menggadeng tokoh agama, adat dan masyarakat
-Pj Wali Kota Kendari, Forkopimda dan para tokoh duduk bersama membahas persiapan Pilkada

SINERGISITAS
-Pj Wali Kota Kendari menekankan pentingnya sinergisitas semua pihak
-Muaranya untuk menjamin Pilkada Kendari berjalan lancar, aman dan demokratis
-Kesuksesan Pemilu 2024 di Kota Kendari karena sinergisitas semua elemen
-Pj Wali Kota Kendari sukses itu kembali terjadi pada pelaksanaan Pilkada serentak

ZERO KASUS
-Pj Wali Kota Kendari memastikan zero kasus pada Pemilu 2024
-Semua itu berkat kerja sama seluruh pihak di Kota Kendari
-Suksesnya Pemilu 2024 diapresiasi Pj Wali Kota Kendari
-Pj Wali Kota Kendari juga mengapresiasi dukungan Forkopimda
-Sinergisitas sangat penting untuk menjamin Pilkada lancar, aman, dan demokratis

STRATEGI
-Rakor Pilkada tahun 2024 membahas berbagai strategi
-Strategi itu untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses pemilihan
-Termasuk pengamanan logistik, penegakan protokol kesehatan
-Selain itu, upaya pencegahan dan penanggulangan potensi konflik

KOMITMEN PEMKOT
-Pemkot Kendari berkomitmen menjaga integritas dan transparansi Pilkada
-Pemkot Kendari memastikan seluruh tahapan berlangsung sesuai aturan
-Rakor Pilkada 2024 untuk memastikan masyarakat menyalurkan hak pilihnya dengan aman dan nyaman
-Rakor Pilkada membahas upaya deteksi dini potensi konflik
-Pemkot Kendari menyediakan fasilitas pelaksanaan Pilkada

DATA DIOLAH KENDARI POS DARI BERBAGAI SUMBER

  • Bagikan