Dinas Koperasi Muna dan PT Indomarco Gelar Pelatihan Kewirausahaan

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - PULUHAN pelaku usaha di Muna, mengikuti pelatihan kewirausahaan mandiri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Aula Biota Raha, Rabu (5/6/2024).

Kegiatan terselenggara berkat kerja sama Pemkab Muna melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Muna dengan PT Indomarco Prismatama (Tbk).

Pelatihan dibuka oleh Plt Bupati Muna, Drs. H. Bachrun, M.Si dan dihadiri Sekda Eddy Uga, SH., MSi, serta Kepala dinas Koprasi Dan UMKM, L.M Hajar Sosi, Pimpinan PT Indomarco Pristama Cabang Makassar (Depo Kendari) Ahmad Suyanto, Pimpinan OPD terkait dan pelaku UMKM Muna sebagai peserta pelatihan.

H. Bachrun dalam sambutannya mengatakan, Pemda Muna terus mendorong peningkatan UMKM agar naik kelas, sehingga menghasilkan produk yang berkualitas agar dapat bersaing.

“Kami ingin menjadi jembatan agar produk-produk pelaku UMKM bisa masuk di toko modern,” katanya.

“Pemda akan mensupport para pelaku UMKM agar produknya bisa memenuhi syarat masuk di toko modern,” sambungnya.

Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM, Hajar mengatakan, kegiatan ini merupakan tindakan yang positif bagi para pelaku UMKM Muna.

Dengan adanya kegiatan ini, Indomaret membuka peluang dan pelatihan bagi pelaku UMKM di kabupaten muna, agar produk-produk mereka dapat bersaing dan diterima di perusahaan retail modern seperti indomaret.

“Peserta pelatihan kewirausahaan mandiri berjumlah 100 orang yang merupakan kemitraan Dinas Koperasi dan UMKM,” jelasnya.

Development Manager PT Indomarco Pristama Cabang Makassar, Yoni Trisna Pratama menyampaikan, peserta pelatihan diberi materi terkait syarat produk UMKM masuk ke toko modern dan demo masak pengolahan produk yang baik.

Peserta yang beruntung mendapatkan gerobak. Dijelaskan, persyaratan produk untuk masuk toko modern mengikuti aturan pemerintah, secara administrasi punya label halal dan PRT.

“Sedangkan syarat lainnya, berupa kemasan, barcode, expire dan komposisi. kurang lebih begitu syaratnya,” katanya.

Dalam pelatihan ini, produk yang telah dikumpulkan akan dikurasi. Produk yang memenuhi syarat akan dipasarkan di toko modern.

“Sementara yang belum memenuhi syarat akan diberi masukan. Harapannya, produk UMKM bisa masuk di toko modern indomart,” jelasnya.

Dalam pelatihan ini, Indomaret dan Chizmill Ball membagikan 2 gerobak serta doorprize alat elektronik kepada pelaku UMKM. (adv)

  • Bagikan