Iduladha Berkah, Berkurban Makin Mudah Bareng BRImo

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Selain menunaikan ibadah haji bagi yang mampu, berkurban menjadi salah satu amal yang paling dianjurkan saat Iduladha.

Perintah berkurban pun telah tertulis di ayat Al-Qur’an surat Al-Kautsar ayat 1-2 yang berbunyi: “Sesungguhnya kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu, maka salatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah kurban,” terangnya.

Berkurban hukumnya sunah muakad bagi umat Islam, yaitu sunnah yang dikuatkan bagi yang memiliki kemampuan. Kurban menjadi bentuk ketakwaan umat Muslim, serta ladang pahala bagi mereka yang melakukannya.

Selain itu, berkurban juga memiliki keutamaan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Lalu apa saja keutamaan berkurban tersebut? Amalan yang paling dicintai Allah SWT di Hari Raya Iduladha

Menyembelih kurban merupakan amalan yang paling dicintai Allah pada Idul Adha, seperti yang ditegaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a. bahwa Rasulullah saw bersabda: “Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari nahar (Idul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (hewan kurban). Sesungguhnya ia datang pada hari kiamat dengan tanduk, kulit dan bulu-bulunya Sesungguhnya darah itu telah sampai kepada Allah SWT sebelum darah itu tumpah ke tanah, maka hendaknya kalian senang karenanya,” (HR At-Tirmidzi).

-- Media untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT

Allah SWT telah menjanjikan bahwa berkurban dengan niat dan takwa akan menjadi amalan terbaik. Seperti tertuang dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 27: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertaqwa,”.

Hewan kurban sebagai saksi di hari kiamat. Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a, Rasulullah saw juga telah bersabda bahwa setiap hewan yang dijadikan kurban akan menjadi saksi pada hari akhir, termasuk tanduk, bulu, dan kukunya, serta keutamaan lainnya.

-- Iduladha Penuh Berkah Pakai BRImo

Perkembangan teknologi memunculkan berbagai cara yang dapat mempermudah umat Islam menunaikan kurban. Tak harus mencari dan membeli sendiri hewan kurban, kini kamu bisa ikut berkurban dari rumah semudah belanja online dengan BRImo.

Hanya bermodalkan smartphone, koneksi internet, dan aplikasi BRImo, Anda bisa ikut berkurban lewat fitur transfer maupun Donasi. (jpnn)

  • Bagikan