Kantor Bahasa Sultra Seleksi Calon Duta Bahasa

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara setiap tahunnya selalu menggelar seleksi pemilihan duta bahasa. Begitu halnya tahun ini, momen yang sama mulai dilakukan kemarin, Minggu (25/5/2024), melalui penampilan bakat pada 20 finalis yang telah terseleksi.

Kepala Kantor Bahasa Prov. Sultra, Dr.Uniawati yang membuka kegiatan mengatakan, momen ini dilakukan sekaligus untuk memeriahkan Pameran Bulan Merdeka Belajar. Dimana pelaksanaan kegiatan berikut pameran berlangsung di Aula Pancasila Kantor Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sultra.

"Selamat untuk 20 finalis yang sudah terseleksi dari 100 pendaftar, kalian sudah menyisihkan 80 pemuda pemudi lainnya," tegasnya.

Menurutnya, para duta bahasa ini nantinya akan membersamai kantor bahasa dalam melaksanakan program kerja. Seperti halnya duta besar bahasa tahun - tahun sebelumnya, mereka berpartisipasi dalam mensosialisasikan program bahasa di masyarakat.

"Seperti program tri gatra bahasa, mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing. Semoga duta bahasa tahun 2024 bisa lebih baik lagi dari sebelumnya," harapnya.

Kesempatan ini diharapkan, dimanfaatkan oleh para finalis untuk menggali pengetahuan dan pengembangan diri. "Karena para duta bahasa akan terlibat dalam program - program kantor bahasa. Sehingga duta bahasa diharapkan menampilkan citra bahasa dengan baik," paparnya.

Sebelumnya Kepala LPMP Sultra, Junaidi Pagala, yang didaulat membawakan sambutan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Dimana, pameran bulan merdeka belajar ini terselenggara oleh tiga lembaga, selain LPMP dan Kantor Bahasa Sultra juga lembaga Guru Penggerak Sultra.

"Kepada para finalis duta bahasa, saya berharap kalian akan memberi warna, ini adalah momen yang bagus untuk bisa mengeluarkan talenta terbaik kalian," ujarnya.

Para finalis duta bahasa ini masih akan mengikuti beberapa tahapan. Setelah kegiatan penampilan bakat, masih ada sejumlah rangkaian kegiatan, mereka masih dikarantina hingga malam penobatan, yakni tiga dari mereka adalah juara dalam seleksi ini. (lis/adv).

  • Bagikan