Kerja “Kuat” KBST Untuk Sultra

  • Bagikan
pegawai Kantor Bahasa Prov. Sultra, pose bersama di depan Kantor Bahasa Prov. Sultra.
pegawai Kantor Bahasa Prov. Sultra, pose bersama di depan Kantor Bahasa Prov. Sultra.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) merupakan salah satu unit pelaksana teknis dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. KBST memiliki tugas utama dalam pembinaan, pelindungan, dan pengembangan bahasa dan sastra Indonesia dan daerah, khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara.

Menurut Kepala Kantor Bahasa Prov. Sultra, Dr. Uniawati, Sebagai instansi yang bertugas melayani masyarakat, KBST berusaha terus berbenah untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel. "Hal itu dituangkan melalui komitmen dalam membangun Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBK/WBBM), " terangnya.

Kepala Kantor Bahasa Prov. Sultra, Dr. Uniawati.

Atas semangat bersama untuk membawa kemajuan lembaga sekaligus sebagai motivasi dalam mengimplementasikan nilai-nilai dasar (core value) ASN BerAKHLAK, KBST menetapkan moto KUAT.

Kuat dalam kerangka pembangunan budaya kerja KBST merupakan akronim dari konsisten, unggul, akuntabel, dan transparan.

"Tidak hanya itu, kata kuat merepresentasikan semangat pegawai dalam mengemban visi dan misi organisasi menjadi lembaga yang bermartabat dan bermanfaat bagi masyarakat, " Ujarnya.

Dengan landasan kuat, KBST memfokuskan kerja pada tiga program prioritas: literasi kebahasaan dan kesastraan, pelindungan bahasa dan sastra daerah, dan internasionalisasi bahasa Indonesia. Prioritas tersebut kemudian dituangkan dalam berbagai layanan dan produk yang ditujukan bagi masyarakat.

Layanan yang ada di KBST, yaitu: 1) layanan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), 2) Layanan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), 3) layanan penerjemahan, 4) layanan ahli bahasa, 5) layanan perpustakaan, dan 6) layanan data dan informasi bahasa dan sastra.

Setiap layanan telah ditetapkan dalam standar dan maklumat pelayanan serta adanya kompensasi bagi pengguna apabila layanan tidak sesuai dengan standar. KBST berkomitmen untuk memberikan layanan secara gratis (tanpa biaya), sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Layanan KBST dapat diakses secara luring dan daring. Pemohon layanan luring dapat mengunjungi KBST pada jam dan hari kerja. Pemohon layanan daring dipersilakan mengakses slide.kemdikbud. go.id. Aplikasi SLIDE (Sistem Layanan Informasi dan Data Elektronik) memberikan kemudahakan kepada pemohon layanan untuk dapat mengajukan permintaan secara daring.

Apalikasi ini membuat proses pelayanan lebih efektif da efisien dari segi biaya, waktu, dan pelayanan. Informasi lebih lanjut terkait layanan di KBST dapat dilihat dengan mengunjungi laman kantorbahasasultra. kemdikbud.go.id.

Dalam memenuhi layanan di atas, KBST didukung oleh SDM yang kompeten dan unggul dalam bidangnya. Para pegawai di KBST tergabung dalam tujuh Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP): 1) pemodernan dan pelindungan bahasa dan sastra, 2) pembinaan dan bahasa hukum, 3) penerjemahan, 4) perkamusan dan peristilahan, 5) BIPA, 6) UKBI, dan 7) literasi. Selain itu, KBST juga didukung oleh tenaga adiministrasi yang profesional.

Ayo, utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing. (adv)

  • Bagikan

Exit mobile version