Surunuddin Membangun Spiritual Masyarakat

  • Bagikan
Bupati Konsel Surunuddin Dangga (tengah) didampingi pengurus masjid saat meninjau beberapa sudut bangunan Masjid Raya Al-Imran Konsel, baru-baru ini. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)
Bupati Konsel Surunuddin Dangga (tengah) didampingi pengurus masjid saat meninjau beberapa sudut bangunan Masjid Raya Al-Imran Konsel, baru-baru ini. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)

-- Alokasikan Rp2 Miliar Rehabilitasi Masjid Raya Al- Imran

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Bupati Kabupaten Konawe Selatan H Surunuddin Dangga tak hanya fokus membangun infrastruktur, namun membangun mental spiritual masyarakat melalui kegiatan keagamaan. Bupati Surunuddin juga menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan dan perbaikan infrastruktur keagamaan. Utamanya rumah ibadah.

Tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Konsel menyiapkan anggaran Rp2 miliar untuk rehabilitasi Masjid Raya Al-Imran. Sebab, masjid yang berdiri di Ibu Kota Kabupaten Konsel, tepatnya Kelurahan Potoro, Kecamatan Andoolo itu terlihat memprihatinkan.

Kubah masjid yang sudah mulai bocor. Sebagian interior mulai rusak dan beberapa area taman masjid terlihat kumuh. Hal inilah yang mendorong Bupati Surunuddin untuk menggelontorkan anggaran Rp2 miliar untuk memoles rumah Allah SWT tersebut.

“Ini sebenarnya kekeliruan dari awal perencanaan. Padahal saat itu saya sudah ingatkan bagian dinas teknis untuk menata bangunan lebih tepat, termasuk kawasan masjid itu. Makanya sekarang, kita mulai alokasikan secara bertahap untuk membenahi bangunan masjid ini,” ungkap Bupati Surunuddin.

Bupati Konsel 2 periode itu menjelaskan dimensi dan volume masjid akan ditambah. Seperti tempat air wudhu akan dirubah total. Termasuk area kawasan masjid akan di poles, misalnya taman-taman yang telah dibangun itu bisa dimanfaatkan seperti kegiatan religi.

“Seperti ini tempat wudhu, saya sudah sampaikan saat itu dinas pelaksana teknis bahwa posisinya kurang elok dilihat. Tempat wudhu itu harusnya ditempatkan di bagian belakang, supaya konstruksi bangunan masjid tetap nampak,” terang Bupati Surunuddin.

Mantan Ketua DPRD Konsel itu menambahkan, rehabilitasi Masjid Raya Al-Irman akan dilakukan secara bertahap. Tentunya disesuaikan dengan kondisi anggaran daerah. Kendati demikian, pada tahun 2024 ini, Pemkab sudah mengalokasikan anggaran Rp2 miliar untuk pembenahan masjid raya Kabupaten Konsel ini.

“Ini kalau kita mau rombak total tentunya butuh miliaran rupiah juga, tapi kita akan bangun pelan-pelan. Apalagi ini adalah masjid utama kabupaten,” tegas Bupati Surunuddin.

Hal senada diungkapkan pengurus Masjid Raya Al-Imran Konsel, Nairusman. Tahun ini, kata ia, Pemkab Konsel telah menganggarkan sebesar Rp2 miliar untuk rehabilitasi masjid tersebut. “Tempat wudhu akan dibongkar dan dipindahkan dibagian belakang masjid. Kemudian dimensi masjid akan diperluas,” jelasnya. (ndi/b)

  • Bagikan