Tantangan Negara-negara Di Kawasan Asia Selatan Menyambut Tujuan Bersama

  • Bagikan

Oleh: Muh. Ishmat Munif Taridala (Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Apa itu Asia Selatan, dan apa saja tantangan mempelajari Asia Selatan melalui disiplin Hubungan Internasional? Menarik untuk membahas Hubungan Internasional dalam Asia Selatan, apalagi dengan masih adanya permasalahan yang terjadi, kita berkaca pada peristiwa IndiaChina yaitu salah satu konflik bersejarah yang mencengangkan di Asia Selatan.

Apakah Hubungan Internasional sangat penting? Apa langkah yang dibutuhkan dalam mewujudkan Hubungan Internasional? Siapkah kita membuka diri dan menerima hal baru? Interaksi ketiga negara besar di kawasan Asia Selatan telah mendahului dekolonisasi. Lenin yang pernah berbicara mengenai jalan ke London dan Paris melalui Calcutta, AS yang mengadakan pengangkutan melalui udaranya secara besar-besaran ke Cina dari India. Selama Perang Dunia II. Dengan Sejarah Historis itu dapat diketahui Asia Selatan mempunyai peranan yang strategis pada waktu masa Perang Dunia I dan II.

Asia Selatan merupakan salah satu kawasan yang unik terkait dinamika antarnegara di kawasan yang ditandai dengan konflik dan perselisihan. Meskipun sebagian besar negara saling terkait satu sama lain baik dari segi sejarah, etnis, serta peradaban, namun hal tersebut tidak cukup kuat menjadi landasan untuk menciptakan kawasan Asia Selatan menjadi lebih stabil. Persoalan perbatasan antarnegara serta jaringan terorisme dan ekstrimisme menjadi masalah utama yang dihadapi oleh negaranegara di kawasan Asia Selatan. Selain itu, terdapat permasalahan perpindahan manusia secara illegal, serta perdagangan senjata dan narkoba secara illegal yang menambah rumitnya dinamika di kawasan tersebut. Sehingga, penyelesaian masalah menjadi sulit untuk dicapai dikarenakan banyaknya permasalahan yang ada.

Dalam waktu yang tidak lama muncul gagasan bahwa India harus ‘memimpin’ lingkungannya. Merupakan gagasan yang sangat menarik bagi para elit negara tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh seorang komentator diplomasi India, India harus menjadi “penentu nasibnya sendiri dan nasib kawasan ini.” Hal ini bukanlah suatu pandangan yang luar biasa namun lazim terjadi di seluruh spektrum politik India. Dari kalangan konservatif hingga liberal, anggapan bahwa anak benua ini adalah milik India sangat dipegang teguh. Gagasan tersirat mengenai lingkup pengaruh India di Asia Selatan juga dianut oleh para ideolog Akhand Bharat (India Raya) serta komunitas kebijakan luar negeri tradisional yang percaya bahwa anak benua ini adalah satu kesatuan dan bahwa Delhi berhak untuk memimpin.

Meskipun gagasan-gagasan ini bertahan lama dan menarik, gagasan-gagasan ini menimbulkan frustrasi politik abadi dan kekecewaan terhadap kebijakan yang sering kali ditujukan pada kegagalan pemerintah saat itu di Delhi. Tugas India dalam bidang lingkungan hidup lebih membosankan yaitu mengelola realitas regional yang berantakan dan mengupayakan perbaikan yang berkelanjutan dalam dinamika regional. Namun, tugas tersebut menjadi rumit dengan kehadiran aktor-aktor berdaulat besar dan kecil lainnya di benua ini serta negara-negara besar yang mempunyai kepentingan sendiri di wilayah tersebut. Gagasan bahwa India dapat menghendaki kepemimpinan regionalnya, melalui proklamasi politik atau penggunaan kekuatan, adalah sebuah fantasi politik.

Pertumbuhan ekonomi yang pesat dan prioritas yang lebih besar terhadap urusan regional tentunya telah membantu pilihan strategis pada Negara di Asia Selatan.

Tantangan Struktural

Semua kekuatan besar berjuang terus-menerus dalam mempertahankan keunggulan regional mereka, mengelola kontradiksi dengan negara-negara Asia Selatan dan menangkis kekuatan-kekuatan lain dari dalam lingkungan mereka. Misalnya saja masalah hegemoni Amerika di Amerika Latin hegemoni Amerika tidak dapat menjinakkan Kuba atau Venezuela meskipun telah dilakukan upaya berulang kali atau mencegah negara-negara besar di kawasan seperti Brazil untuk mendapatkan otonomi yang lebih besar dari Amerika.

Lihat juga kesulitan Moskow dalam mempengaruhi Ukraina yang telah menjadi bagian sejarah Rusia namun merupakan entitas berdaulat saat ini. Perhatikan juga permasalahan Rusia dalam mengelola peran AS, Eropa, dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara yang lebih besar di negara-negara bekas Uni Soviet. Atau semakin banyak negara tetangga Beijing yang beralih ke AS demi keamanan mereka meskipun terdapat saling ketergantungan ekonomi yang besar dengan Tiongkok. Tren-tren ini tertanam dalam politik hubungan internasional.

Masalah yang Tak Ada Habisnya

Sri Lanka menawarkan pelajaran mengenai masalah-masalah khusus dalam politik dalam negeri yang saling terkait dengan negaranegara Asia Selatan. Namun adanya Kekhawatiran Delhi mengenai hak-hak minoritas Tamil di Lanka sangat kontras dengan klaim Tiongkok yang menyatakan ‘tidak melakukan intervensi’ terhadap urusan dalam negeri Lanka. Bahwa klaim tersebut tidak benar adalah hal yang tidak penting; fakta yang tidak dapat disangkal adalah bahwa nasionalisme Sinhala saat ini ditujukan terhadap India dan hal ini sangat mempersulit hubungan Delhi dengan Kolombo.

Jika India dipandang sebagai sumber permasalahan dalam Regional Asia Selatan, maka Tiongkok dan Pakistan dipandang sebagai bagian dari jawaban di Kolombo. Ide ini diterjemahkan ke dalam pendekatan Sri Lanka terhadap proyek-proyek yang dilakukan oleh India dan Tiongkok. Jika Beijing tampaknya lolos dari proyek-proyek yang jelas-jelas tidak adil bagi Kolombo, Delhi kesulitan untuk menyelesaikan proyek apa pun. Masalah politisasi proyek-proyek ekonomi yang ada di Sri Lanka sepertinya tidak akan teratasi dalam waktu dekat.

Jika pemerintahan Aliansi Progresif Bersatu dilumpuhkan oleh kepentingan partai Kongres di Tamil Nadu dalam berurusan dengan Sri Lanka, pemerintah Aliansi Demokratik Nasional tidak lagi menjadi sandera bagi Chennai dan memperluas keterlibatannya dengan Kolombo. Namun kemajuan pasti membutuhkan waktu.

Hal ini membawa kita ke wilayah Af-Pak. Di Afghanistan, British Raj merupakan kekuatan eksternal yang dominan. Pemisahan memastikan bahwa Delhi tidak akan memiliki kemewahan atau kesulitan dalam menjalankan hegemoni atas Afghanistan. Beban itu telah ditanggung Pakistan, yang mewarisi perbatasan antara Kerajaan Inggris dan Afghanistan. Gagasan bahwa India dapat menentukan hasil di Afghanistan yang telah menyaksikan intervensi militer besarbesaran oleh negara adidaya dunia – Uni Soviet dan Amerika Serikat – serta negara-negara Islam terkemuka seperti Arab Saudi dan Iran adalah sebuah ilusi.

Kinerja baik India di Afghanistan selama dua dekade terakhir merupakan hasil dari stabilitas dan keamanan yang diberikan oleh pasukan militer AS selama tahun 2001-2021. Pada fase pasca-Amerika, tantangan India di Afghanistan akan semakin meningkat namun peluang baru mungkin juga muncul ketika Taliban menegaskan otonominya dari Pakistan. Meskipun India tidak akan pernah menjadi kekuatan dominan di Afghanistan, India akan selalu memiliki pengaruh yang cukup besar di Kabul. Meskipun Pakistan masih memegang kendali di Afghanistan, sebagian elit Afghanistan yang tidak menyukai kebijakan Islamabad selalu beralih ke India. Tren tersebut sepertinya tidak akan hilang.

Di luar hubungan bilateral, terdapat banyak kekhawatiran bahwa regionalisme Asia Selatan tidak akan menghasilkan apa-apa. Forum regional utama, Asosiasi Kerja Sama Regional Asia Selatan (SAARC), belum pernah mengadakan pertemuan tahunan sejak tahun 2014. (Para pemimpin memang bertemu untuk membahas tantangan pandemi COVID-19 pada awal tahun 2020; namun Perdana Menteri Pakistan Imran Khan melakukannya tidak bergabung).

Bagaimanapun juga, pandemi ini tidak menghasilkan kesepakatan regional yang besar di antara para pemimpin Asia Selatan untuk bersama-sama mengelolanya. Namun, lebih banyak pertemuan tidak akan memberikan banyak perbedaan bagi SAARC. Seperti pada tingkat bilateral dan regional, Pakistan telah membuat keputusan strategis bahwa mereka tidak akan melakukan perdagangan atau meningkatkan konektivitas dengan India sampai masalah Kashmir terselesaikan secara memuaskan. Sebaliknya, Pakistan lebih memilih untuk berintegrasi dengan perekonomian Tiongkok.

Sangat mudah untuk mempertanyakan manfaat dari penilaian ini, namun Pakistan memiliki hak kedaulatan untuk memilih mitra ekonominya. Perkembangan internal dan eksternal yang signifikan suatu hari nanti dapat mengubah perhitungan tersebut, namun hal ini bukanlah sesuatu yang dapat dipaksakan oleh India kepada Pakistan.

Baik realisme maupun idealisme dalam beberapa hal masih relevan dalam menjawab permasalahan-permasalahan kontemporer. Meskipun realis kurang populer, realisme masih bisa menjelaskan perubahan. Ini tidak berarti bahwa realisme kehilangan relevansinya sama sekali karena dalam beberapa kasus realisme masih diakui keabsahannya, seperti manajemen konflik dengan perimbangan kekuasaan dan aliansi. Begitu pula halnya dengan idealisme/ utopianisme. Tidak semua asumsi dan pemikiran pendekatan ini relevan dalam hubungan internasional kontemporer, seperti ide-ide tentang pemerintahan dunia yang sangat dulit untuk diterapkan. Tetapi di lain pihak, perlunya hukum internasional masih tetap diperjuangkan penerapannya oleh banyak aktor internasional.

Ada kecenderungan yang kuat bahwa semakin kompleksnya permasalahan internasional membutuhkan teori yang komprehensif yang membutuhkan kolaborasi dari berbagai teori sebagai alat analisa hubungan internasional Khususnya Pada Asia Selatan.

Selain masalah eksternal negara masing-masing, dapat dilihat dari perspektif global maupun regional, Asia Selatan memberikan gambaran yang mengecewakan dalam setiap konteks sosial, ekonomi, dan politiknya. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Asia Selatan hampir terus-menerus diganggu oleh berbagai konflik dan krisis intra dan antar negara yang sebagian besar buta huruf dan pendekatan yang lesu dari elit penguasa terhadap penyelesaian masalah tersebut. Hampir setiap negara Asia Selatan selalu dilanda konflik dan krisis internal berdasarkan pertimbangan sempit kasta, agama, suku, bahasa, komunitas, dan sejenisnya.

Selain masalah eksternal negara masing-masing, dapat dilihat dari perspektif global maupun regional, Asia Selatan memberikan gambaran yang mengecewakan dalam setiap konteks sosial, ekonomi, dan politiknya. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Asia Selatan hampir terus-menerus diganggu oleh berbagai konflik dan krisis intra dan antar negara yang sebagian besar buta huruf dan pendekatan yang lesu dari elit penguasa terhadap penyelesaian masalah tersebut. Hampir setiap negara Asia Selatan selalu dilanda konflik dan krisis internal berdasarkan pertimbangan sempit kasta, agama, suku, bahasa, komunitas, dan sejenisnya.

Selain masalah eksternal negara masing-masing, dapat dilihat dari perspektif golobal maupun regional, Asia Selatan memberikan gambaran yang mengecewakan dalam setiap konteks sosial, ekonomi dan politiknya. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Asia Selatan hamper terus-menerus diganggu oleh berbagai konflik intra dan antar negara yang sebagian besar buta huruf dan pendekatan yang lesu oleh elit penguasa terhadap penyelesaian masalah tersebut. Hampir setiap negara Asia Selatan selalu dilanda konflik dan krisis berdasarkan pertimbangan kasta, agama, suku, Bahasa, komunitas dan sejenisnya. (***)

  • Bagikan