Bacagub Sultra Ruksamin Mendaftar di Partai NasDem, La Ode Tariala: Penentuan Cagub Tergantung Survei

  • Bagikan

Sementara itu, Wakil Ketua DPW NasDem La Ode Tariala mengatakan, Partai NasDem adalah partai terbuka bagi figur siapapun yang ingin maju di Pilgub Sultra. Tidak ada perbedaan antara kader maupun non kader. Yang ditekankan dalam penjaringan figur, yakni elektabilitas atau tingkat kesukaan masyarakat.

“Partai NasDem juga satu-satunya parpol tanpa mahar. Para figur yang mendaftar tidak dibebani mahar politik,” kata La Ode Tariala kepada Kendari Pos, Senin (22/4/2024).

Terkait variabel penentuan figur yang akan direkomendasikan oleh NasDem, kata dia, yakni DPP akan merujuk pada hasil survei. Nama-nama yang telah mendaftar sebagai bacagub Sultra termasuk Ruksamin akan disurvei terlebih dahulu sebanyak dua kali.

“Survei bertujuan menguji elektabilitas para figur dan juga tingkat ketersukaan masyarakat. Dua gelombang survei yang akan diturunkan. Pertamai periode Mei-Juni. Kemudian Juli-Oktober 2024,”pungkas La Ode Tariala.

Diketahui, syarat mendaftar di KPU sebagai cagub dan cawagub Sultra yakni 9 kursi. Ruksamin saat ini selaku Ketua DPW PBB Sultra punya 4 kursi sebagai modal dasar. Ditambah rekomendasi PAN (3 kursi). Dan jika Demokrat (4 kursi), Golkar (6 kursi) dan NasDem (6 kursi) berkoalisi mengusung Ruksamin di Pilgub Sultra, maka total 23 kursi, sangat cukup untuk mendaftar di KPU 27 Agustus 2024. (ali).

  • Bagikan

Exit mobile version