Empat Pos Terpadu Pantau Arus Mudik dan Balik

  • Bagikan
AMANKAN LEBARAN : Suasana seremonial apel gelar pasukan Operasi Ketupat Anoa 2024 di Kabupaten Konawe Selatan yang dipimpin Bupati, H. Surunuddin Dangga. (I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Terdapat empat pos pengamanan yang akan didirikan pada area publik untuk memantau kondisi di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dalam arus mudik dan balik lebaran tahun 2024 ini. Satu pos di Punggaluku dan Anduna, kemudian pos pelayanan pariwisata di Air Terjun Moramo, termasuk dua di Pelabuhan Torobulu dan Amolengo.

Saat ini seluruh stakeholder di daerah itu bersinergi memastikan kesiapan pengamanan rangkaian Idulfitri 1445 Hijriyah. Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, menegaskan, semua pihak harus bahu-membahu menyukseskan Operasi Ketupat Anoa 2024. Utamanya dalam mengamankan perjalanan arus mudik dan balik selama momentum hari raya.

"Sinergi antara TNI-Polri dengan stakeholder, sangat penting. Survei indikator kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 meningkat menjadi 89,5 persen, naik 15,7 persen dibanding tahun sebelumnya. Ini mencerminkan apresiasi masyarakat atas upaya bersama dalam pengamanan arus mudik dan balik yang harus dipertahankan serta ditingkatkan," jelas Surunuddin, Kamis (4/4).

Untuk diketahui, operasi akan tersebar pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Pelayanan prima dan pengamanan optimal diharapkan dapat diberikan melalui pos-pos tersebut. "Selain mengamankan lalulintas dan Kamtibmas, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok serta BBM juga harus terjaga. Koordinasi antar stakeholder harus ditingkatkan untuk menjaga stok dan harga tetap stabil," sambung Surunuddin, mengingatkan.

Kapolres Konsel, AKBP Wisnu Wibowo, merinci, jumlah personel yang akan dilibatkan dalam operasi Ketupat Anoa sebanyak 112 dari unsur Polri dan 60 stekholder terkait. "Seperti angota TNI, Dishub, BPBD, Damkar, Satpol-PP, tenaga kesehatan serta pihak masyarakat," bebernya.

Ia berharap, arus mudik dan balik di wilayah hukumnya dapat terpantau dengan baik, terutama pada dua pelabuhan. "Untuk para pemudik, kami imbau mencari informasi yang benar, agar tidak mendapatkan kendala di jalan. Jika ada permasalahan jangan sungkan untuk segera hubungi kami. Polres selalu presisi dalam melayani," janji Wisnu Wibowo. (b/ndi)

  • Bagikan