Sukanto Blusukan di Pasar Lacaria

  • Bagikan
SIDAK PASAR : Pj Bupati Kolut Sukanto Toding (kanan) bersama TPID memantau harga kebutuhan pangan di Pasar Lacaria Lasusua, Rabu (28/2) (DISKOMINFO KOLUT FOR KENDARI POS)
SIDAK PASAR : Pj Bupati Kolut Sukanto Toding (kanan) bersama TPID memantau harga kebutuhan pangan di Pasar Lacaria Lasusua, Rabu (28/2) (DISKOMINFO KOLUT FOR KENDARI POS)

--Harga Komoditas Pangan Bergerak Naik

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut) Sukanto Toding bukan tipe pemimpin yang hanya duduk dibalik meja sambil menunggu laporan. Orang nomor satu di Bumi Patowonua ini kerap turun untuk memastikan kondisi di lapangan. Rabu (28/2), Sukanto Toding kembali melakukan blusukan. Kali ini, memantau harga pangan di pasar Lacaria, Lasusua.

Inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Lacaria, Pj Bupati didampingi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPAD) Kolut. Kunjungan ini dimaksudkan untuk memonitor perkembangan harga dan stok bahan pokok serta kebutuhan penting lainnya. Apalagi bulan Ramadhan 1445 sudah semakin dekat.

Pj Bupati Kolut Sukanto Toding mengaku akan terus meningkatkan pengawasan jelang dan saat Ramadan. Jangan sampai kondisi ini dimanfaatkan para spekulan untuk menaikkan harga. Tidak menutup kemungkinkan, ada saja oknum pedagang yang mencoba menaikkan harga pangan secara sepihak. Untuk itulah, sidak di pasar sangat penting dalam mengonrol harga.

"Saya minta warga tetap tenang. Pastinya, pemerintah daerah siap siaga dalam mengendalikan dan mengawal kenaikan harga bahan pokok,” ujar Sukanto Toding di sela-sela blusukan di Pasar Lacaria Lasusua kemarin.

Saat ini lanjutnya, pemerintah bersama TPID telah menyiapkan langkah-langkah konkret dalam memastikan ketersediaan dan keterjangkauan bahan pokok bagi masyarakat terutama menyongsong bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Dari hasil sidak, beberapa kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Tidak hanya beras, bawang putih, lombok besar, dan telur juga mengalami kenaikan harga yang signifikan. Sayangnya, ia tak merinci berapa besar kenaikkan setiap item komoditas pangan. Untuk komoditas lainnnya masih tergolong stabil.

“Kenaikan harga ini menjadi perhatian serius. Pemerintah akan berupaya menekan harga agar bisa kembali normal. Makanya, pemerintah terus menjaga agar pasokan lancar. Dengan begitu, masyarakat bisa menjalani Ramadan dengan tenang dan penuh suka cita,” pungkasnya. (mal)

  • Bagikan

Exit mobile version