80 Warga Muna Terserang DBD

  • Bagikan
fogging di rumah-rumah warga Kecamatan batalaiworu. (DINKES MUNA FOR KENDARI POS)
fogging di rumah-rumah warga Kecamatan batalaiworu. (DINKES MUNA FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- sebanyak 80 warga kabupaten muna terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD). Upaya membasmi nyamuk aedes aegepty digalakkan dengan fogging di rumah-rumah warga.

kepala Dinas kesehatan muna Tarsim Darjo melalui kepala seksi Penyakit menular Dinkes muna, arifin kase mengatakan lokasi DBD paling tinggi berada di kecamatan katobu, kecamatan Batalaiworu, Desa Wapunto dan Desa Dana.

“Data yang masuk sejak pekan ini sudah 80 warga yang tertular DBD. Dengan adanya data yang masuk, kami mengingatkan kepada warga tentang bahaya DBD,” kata arifin kase, Rabu (28/2).

Dia menjelaskan, agar penyakit DBD tidak menyebar dengan cepat, Dinkes muna sejak Januari 2024 hingga saat ini sudah melakukan fogging atau pengasapan di kecamatan Batalaiworu, kecamatan katobu, Desa Wapunto dan Desa Dana.

“kita melakukan fogging di lokasi yang ada penderita DBD. serta melakukan penyuluhan keliling dengan menggunakan mobil dan melakukan penyelidikan epidemologi untuk memantau tingkat sebaran penyakit,” jelasnya.

ia mengatakan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab warga di wilayah ini terjangkit DBD salah satunya lingkungan yang tidak bersih. sehingga banyak sarang nyamuk yang menjadi penyebab DBD.

“kami mengimbau agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan mengonsumsi makanan bergizi. kemudian, lingkungan rumah harus bersih serta menutup tempat penampungan air agar tidak menjadi sarang nyamuk,” pungkasnya. (deh/b)

  • Bagikan