Tiap ASN Tanam Satu Cabai

  • Bagikan
Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba
Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, mencanangkan program baru yang menarik dalam upaya untuk menekan angka inflasi di otoritanya.Ia mengeluarkan instruksi kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe untuk menanam setidaknya satu bibit cabai di halaman rumah mereka. Perintah itu dikeluarkan Harmin Ramba setelah melihat tren kenaikan harga cabai dalam beberapa bulan terakhir.

Ia meyakini, program satu ASN satu cabai, dapat menstabilkan harga di pasaran lewat peningkatan produksi lokal. Instruksi yang dikeluarkan dimaksudkan untuk mengajak ASN Pemkab Konawe agar aktif menekan inflasi dari lingkungan terkecil, yakni keluarga.

“Saya berharap dengan melibatkan ASN dan memberikan contoh kepada masyarakat luas, hal ini akan mendorong kemandirian produksi cabai di Konawe. Dengan demikian, tidak perlu lagi mengandalkan pasokan dari daerah lain. Hal itu juga menjadi salah satu penyebab kenaikan harga cabai,” ujar Harmin Ramba,” Senin (19/2).

Kepala Badan Kesbangpol Sulawesi Tenggara itu menuturkan, program yang dicanangkannya tersebut juga sejalan dengan upaya Pemerintah Pusat dalam mengurangi ketergantungan impor cabai. Menurutnya, dengan meningkatnya produksi cabai di Konawe, kebutuhan lokal sudah pasti bisa dipenuhi. Bahkan, bisa juga dipasok ke wilayah lain jika stoknya surplus.

“Untuk bibit cabainya, silahkan berurusan dengan Dinas Pertanian Konawe. Kita akan siapkan untuk sekira 5.600 pegawai Pemkab Konawe. Tiga bulan kedepan, saya minta laporannya lewat pimpinan OPD masing-masing,” tandas Harmin Ramba. (c/adi)

  • Bagikan