Komisi ASN Apresiasi Pj Gubernur Sultra

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto
Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto

--Dinilai Konsisten dan Berhasil Terapkan Sistem Merit ASN

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kinerja Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto dalam menakhodai pemerintahan mendapat apresiasi. Adalah Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Prof Agus Pramusinto, mengapresiasi kinerja Pj Gubernur Andap dalam mendorong penerapan sistem merit ASN di Sultra. Apresiasi itu diungkapkan

Prof Agus Pramusinto dihadapan Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Asrun Lio yang mewakili Pj Gubernur Andap pada acara audiensi dan asistensi penerapan sistem merit ASNSN di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), baru-baru ini. Prof Agus Pramusinto, Pj Gubernur Andap membuktikan konsistensinya dan berhasil menerapkan sistem merit ASN. Dalam asistensi tersebut, Pemprov Sultra berhasil meningkatkan nilai sistem merit dalam manajemen ASN dari kategori "kurang" menjadi "baik" dengan skor 250 dalam waktu sekira 6 bulan.

"Penilaian sistem merit ini dibagi menjadi 4 kategori. Pemprov Sultra berhasil naik dari kategori "kurang" menjadi "baik" dengan skor 250," jelas Prof Agus Pramusinto.

Dia juga mengingatkan Pemprov Sultra untuk terus memaksimalkan upaya dalam memperbaiki manajemen ASNSN guna mencapai kategori "baik" dan "sangat baik". "Apalagi, secara umum Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan dengan negara yang ada di Asia Tenggara lainnya. Indonesia peringkat 34 dengan nilai 0,4 government effectiveness index pada tahun 2022," pungkas Prof Agus Pramusinto.

Sekda Sultra Asrun Lio mengatakan Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto telah mengambil langkah-langkah strategis dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam penerapan sistem merit ASN di Sultra.

"Alhamdulillah, pada asistensi kali ini, Pemprov Sultra dapat menaikan nilai terhadap penerapan sistem merit dalam manajemen ASNSN dari kategori 'kurang' menjadi 'baik'," ujar Sekda Asrun Lio kepada Kendari Pos, Minggu (18/2/2024).

Saat pertama menjabat pada September 2023, Pj Gubernur Sultra Andap langsung mengevaluasi nilai sistem merit ASN Pemprov Sultra yang masih dalam kategori "kurang". Langkah-langkah perbaikan pun segera dilakukan, termasuk dalam perencanaan kebutuhan pegawai, manajemen kinerja, hingga sistem informasi.

"Pj Gubernur Sultra telah melakukan berbagai perbaikan pada sistem merit ASN di Pemprov Sultra, yang mengantarkan Sultra dari kategori 'kurang menjadi 'baik'," ungkap Sekda Asrun Lio.(rah/b)

  • Bagikan

Exit mobile version