DAK PU Capai 40 Miliar

  • Bagikan
Arisman
Arisman

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID --Tahun 2024 ini, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) mendapat plot pembiayaan melalui dana alokasi khusus (DAK) Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN). Nominalnya mencapai Rp 40 miliar lebih. Nantinya DAK tersebut akan dimanfaatkan untuk menuntaskan program yang menjadi skala prioritas daerah.

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan Koltim, Arisman, menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengikuti seluruh perencanaan pengusulan dana alokasi khusus APBN. Makanya tahun ini Pemkab mendapat alokasi sekitar Rp 40 miliar.

“DAK itu akan dibagi. Rp 19 miliar untuk Bidang Bina Marga, Rp 5,8 miliar bagi Bidang Pengairan dan Irigasi. Selebihnya untuk Bidang Cipta Karya. Semua akan digunakan untuk pembangunan fisik dalam upaya menjawab kebutuhan masyarakat Koltim,” rinci Arisman, Minggu (18/2).

Ia menambahkan, pekerjaan tahun lalu yang belum tuntas, baik yang dibiayai DAK maupun dana alokasi umum, masih akan diberi kesempatan untuk diselesaikan, sesuai aturan yang berlaku. Arisman berharap, pihak rekanan dapat mengerjakan proyeknya dengan sungguh-sungguh. Sehingga masyarakat menikmati hasil pembangunan yang didanai pemerintah tersebut.

“Insyaallah kita akan menimalisir pekerjaan yang menyeberang tahun ini. Makanya setiap proyek akan terus kita upayakan agar perencanaannya lebih cepat tuntas,” janjinya. (c/kus)

  • Bagikan