Road to School SMAN 9 Kendari, Menebar Pengetahuan

  • Bagikan
Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin (8 dari kiri), Wakil Kepala SMAN 9 Kendari bidang Kesiswaan Muhammad Hariun (6 dari kanan), Pemred Kendari Pos Inong Saputra (2 dari kiri) bersama manajemen Kendari Pos, guru dan siswa SMAN 9 Kendari dalam kegiatan road to school Kendari Pos, Kamis (15/2/2024). (MUH ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)
Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin (8 dari kiri), Wakil Kepala SMAN 9 Kendari bidang Kesiswaan Muhammad Hariun (6 dari kanan), Pemred Kendari Pos Inong Saputra (2 dari kiri) bersama manajemen Kendari Pos, guru dan siswa SMAN 9 Kendari dalam kegiatan road to school Kendari Pos, Kamis (15/2/2024). (MUH ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dari sekolah ke sekolah, road to school ala Kendari Pos menyapa siswa SMA/SMK. Kegiatan itu menjadi ikhtiar Kendari Pos dalam menebar pengetahuan. Kali ini, rombongan road to school Kendari Pos yang dipimpin Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin menyapa siswa SMAN 9 Kendari. Program yang dijalankan Kendari Pos itu bernilai edukasi, sebab ada transfer pengetahuan kepada siswa. Tim road to school Kendari Pos berbagi pengetahuan jurnalistik dan menstimulasi literasi bagi siswa.

Ratusan siswa SMAN 9 Kendari antusias menyimak paparan materi tentang jurnalistik yang disamapikan Pemimpin Redaksi (Pemred) Kendari Pos Inong Saputra dan Manajer Media Sosial (Medsos) Kendari Pos, Heril.

Dalam kesempatan itu, Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin mengatakan Kendari Pos sebagai media inspirasi menyadari bahwa literasi di kalangan siswa masih minim, mengingat perkembangan zaman semakin pesat. “Sebagai media mainstream Kendari Pos mengambil langkah untuk meningkatkan literasi siswa dengan cara memberikan materi tentang jurnalistik melalui program road to school,” ujarnya saat menyampaikan kata sambutan di hadapan siswa dan Kepala SMAN 9 Kendari, Muhammad Hariun, Kamis (15/2/2024).

Awal Nurjadin menjelaskan, untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan siswa di Sultra, Kendari Pos melakukan inovasi berupa konvergensi media. Selain media cetak koran, Kendari Pos juga punya media online dan media sosial. Media online Kendari Pos yakni kendaripos,co.id, kendarinews.com dan ragamkendari.com.

"Untuk memudahkan pembaca, kami juga sudah menyediakan koran elektronik atau e-koran. Selain itu ada juga namanya Kendari Pos Channel atau podcast dan kami juga punya media sosial. Kendari Pos senantiasa melakukan inovasi untuk meningkatkan minat baca di era perkembangan zaman saat ini,” imbuh Awal Nurjadin.

Wakil Kepala SMAN 9 Kendari Bidang Kesiswaan Muhammad Hariun, mengungkapkan sekolah yang dipimpinnya memiliki beberapa kegiatan yang digelar setiap hari Kamis yakni literasi, pentas seni, pramuka dan senam. Kegiatan itu digelar secara bergiliran pada setiap hari Kamis. “Saya pikir kegiatan road to school Kendari Pos sangat relevan dengan program kami yakni literasi,” ujarnya.

Muhammad Hariun, menambahkan, kegiatan road to school Kendari Pos ini dapat meningkatkan literasi siswa SMAN 9 Kendari. “Saya juga berterimakasih kepada Kendari Pos yang telah melaksanakan kegiatan yang relevan dengan program sekolah kami di setiap hari Kamis. Mudah-mudahan kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan oleh siswa kami dalam mengembangkan bakat khususnya di bidang menulis,” katanya.

Ia berharap road to school Kendari Pos berkelanjutan. Sebab, kegiatan itu sangat dibutuhkan siswa-siswi yang berbakat di bidang menulis. “Saya pikir banyak siswa yang mempunyai bakat menulis, hanya saja terkendala dengan ide. Untuk itu melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat dan ide-ide siswa-siswi kami,” ucap Muhammad Hariun.

Sementara itu, Pemred Kendari Pos Inong Saputra mengatakan kegiatan menulis dapat dilakukan siapa saja. Siswa pun saban menulis. Hanya saja berbeda dengan menulis karya jurnalistik. Di dunia jurnalis, ada etikanya yang menjadi panduan ketika membuat sebuah karya tulis. “Di media sosial biasanya kita bebas untuk menulis. Tapi di jurnalistik, kita punya aturan. Tidak bisa sembarang dalam menulis sebuah berita,” ujarnya. (win/b)

  • Bagikan