BKKBN Sultra Edukasi Gizi PIK Remaja

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sultra menggelar kegiatan bertajuk: Pelaksanaan Edukasi Gizi dan Anemia bagi PIK Remaja di Kabupaten Kolaka, baru-baru ini. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 40 siswa dari beberapa SMA se-Kabupaten Kolaka.

Sekolah yang jadi peserta tersebut adalah SMA Negeri 1 Wundulako, SMA Negeri 1 Pomalaa, MA Negeri 1 Kolaka, SMK Negeri 2 Kolaka, SMA Negeri 1 Latambaga, SMK Negeri 4 Kolaka, SMA Negeri 1 Tanggetada, SMK Negeri 11 Kolaka, SMA Negeri 1 Watubangga, MA Hararatul Iman Samaturu, MA Negeri 2 Kolaka dan SMA Negeri 1 Toari.

Kegiatan dilaksanakan di dua tempat, yakni acara pembukaan di Aula Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Kolaka, dan edukasi gizi secara khusus bagi remaja dilaksanakan di Aula Kelurahan Tahoa, Kolaka.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Plh Kepala Dinas PP dan KB Kolaka, Maman Darmanto. Sedangkan dari BKKBN dihadiri langsung Ketua Tim Kerja Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting (KKPS), Agus Salim.

Dalam sambutannya, Maman Darmanto, sangat merespon dengan baik kegiatan tersebut. "Kegiatan ini bisa menambah capaian pelaporan Bina Keluarga Remaja (BKR) serta capaian program Bangga Kencana secara umum pada tahun 2024," harapnya.

Dia mengajak Perwakilan BKKBN Provinsi untuk bisa sama-sama mengejar target Indonesia emas tahun 2045 supaya bisa dicapai. "Diantara target terpenting adalah menurunkan angka stunting di Kabupaten Kolaka," ujarnya.

Adapun Agus Salim, mewakili Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara, menguraikan beberapa arahan. Antara lain, memberi support kepada seluruh peserta yang hadir, agar bisa turut serta membantu program pemerintah. Khususnya dalam rangka penurunan angka stunting di Indonesia.

Selain itu, Agus Salim yang sebelumnya adalah Ketua Tim Kerja ADPIN di SEKOLAH yang jadi peserta tersebut adalah SMA Negeri 1 Wundulako, SMA Negeri 1 Pomalaa, MA Negeri 1 Kolaka, SMK Negeri 2 Kolaka, SMA Negeri 1 Latambaga, SMK Negeri 4 Kolaka, SMA Negeri 1 Tanggetada, SMK Negeri 11 Kolaka, SMA Negeri 1 Watubangga, MA Hararatul Iman Samaturu, MA Negeri 2 Kolaka dan SMA Negeri 1 Toari. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sultra menggelar kegiatan bertajuk: Pelaksanaan Edukasi Gizi dan Anemia bagi PIK Remaja di Kabupaten Kolaka, baru-baru ini. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 40 siswa dari beberapa SMA se-Kabupaten Kolaka. Perwakilan BKKBN Sultra menjelaskan, bahwa agenda pelaksanaan edukasi gizi dan anemia, memiliki konsep yang sama dengan tahun sebelumnya. Targetnya adalah 24.466 remaja di Sulawesi Tenggara harus teredukasi. "Ini akan bertambah target remaja yang diedukasi, bahwa minimal 50 % dari lokus Pro PN PKBR," jelasnya.

Dia menekankan, edukasi tersebut akan difasilitasi Duta Genre Putra dan Putri Sulawesi Tenggara tahun 2023 yang akan mewakili Sulawesi Tenggara di tingkat nasional pada September 2024 nanti.

Selain Edukasi Gizi dan Anemia, agenda edukasi juga ditambahkan dengan edukasi upgrade tentang Lifeskill dan kekerasan seksual.

"Kiranya seluruh peserta dapat menularkan dan menyampaikan hasil pertemuan tersebut kepada teman-teman siswa lain yang tidak ikut dalam pertemuan tersebut," harapnya.

“Sebenarnya kami ingin mengundang seluruh siswa SMA se-Kabupaten Kolaka. Namun karena keterbatasan anggaran, kami hanya mengundang beberapa sekolah sebagai perwakilan," imbuhnya.(adv)

Dia menekankan, edukasi tersebut akan difasilitasi Duta Genre Putra dan Putri Sulawesi Tenggara tahun 2023 yang akan mewakili Sulawesi Tenggara di tingkat nasional pada September 2024 nanti.

Selain Edukasi Gizi dan Anemia, agenda edukasi juga ditambahkan dengan edukasi upgrade tentang Lifeskill dan kekerasan seksual.

"Kiranya seluruh peserta dapat menularkan dan menyampaikan hasil pertemuan tersebut kepada teman-teman siswa lain yang tidak ikut dalam pertemuan tersebut," harapnya. “Sebenarnya kami ingin mengundang seluruh siswa SMA se-Kabupaten Kolaka. Namun karena keterbatasan anggaran, kami hanya mengundang beberapa sekolah sebagai perwakilan," imbuhnya.(adv)

  • Bagikan

Exit mobile version