Abdul Azis Mendorong Kemajuan Sektor Pertanian

  • Bagikan
Bupati Koltim Abdul Azis saat menjajal alat mesin pertanian disalah satu areal persawahan milik petani di Kabupaten Koltim, baru-baru ini. (KUSDIN / KENDARI POS)
Bupati Koltim Abdul Azis saat menjajal alat mesin pertanian disalah satu areal persawahan milik petani di Kabupaten Koltim, baru-baru ini. (KUSDIN / KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Azis, menunjukkan dukungannya terhadap kemajuan sektor pertanian di wilayahnya. Dalam kepemimpinannya, Bupati Abdul Azis secara langsung turun ke lapangan, berinteraksi dengan petani, dan berkomitmen untuk memajukan sektor pertanian.

Bupati Abdul Azis mengungkapkan harapannya agar hasil pertanian di wilayahnya terus meningkat setiap tahun. "Meningkatnya hasil pertanian Koltim sangat penting perannya dalam menopang ketahanan pangan tidak hanya di Provinsi Sulawesi Tenggara, tetapi juga di tingkat nasional," ujarnya kepada Kendari Pos, Jumat (26/1/2024).

Mantan Wakil Bupati Koltim itu menyatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim selalu mendukung kemajuan sektor pertanian. Dukungan itu melalui pemberian bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dan bantuan pertanian lainnya. "Hal ini bertujuan untuk mendukung petani dalam meningkatkan produktivitas sehingga Kabupaten Koltim semakin maju dalam sektor pertanian," tegas Bupati Abdul Azis.

Mantan anggota Polri itu mengajak para petani dan penyuluh untuk bekerja sama secara sinergis guna mendukung pembangunan pertanian yang mandiri dan modern. Ia menekankan pentingnya pemanfaatan lahan tidur, dengan menyarankan agar selama menunggu panen padi, lahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman jangka pendek.

“Kita mendorong petani untuk meningkatkan hasil pertanian. Lahan tidur harus diamnfaatkan sehingga bisa membantu peningkatan ekonomi keluarga,” kata Bupati Abdul Azis.

Terpisah, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Koltim, Ridwan, mengungkapkan skala prioritas pembangunan sektor pertanian pada tahun 2024 ini adalah infrastruktur jalan pertanian, usaha tani, dan produksi. Selain itu, pembangunan atau rehabilitasi sumber air, seperti irigasi air tanah dangkal, bangunan pelengkap irigasi, dan dam parit.

Mantan Kabid Ketahanan Pangan Koltim ini menyebutkan proyek-proyek pembangunan lainnya, seperti pembangunan unit olahan pakan ternak, fasilitas data dan informasi di Balai Penyuluh Pertanian, serta revitalisasi Rice Mining Unit (RMU) beserta sarana pendukungnya.

"Dukungan dan arah kebijakan Bupati Koltim, Abdul Azis, terhadap kemajuan pertanian secara khusus fokus pada hilirisasi subsektor tanaman pangan dan pengembangan peternakan berbasis korporasi petani dalam bingkai Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat (Gemas)," tutup Ridwan. (kus/b)

  • Bagikan