Empat Daerah Tanda Tangani NPHD Pengamanan Pilkada

  • Bagikan
ANGGARAN PENGAMANAN : Pemkot Baubau bersama Pemkab Buton, Buton Tengah dan Buton Selatan sepakat menandatangani NPHD anggaran pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang bersama Danrem 143 Halu Oleo, Brigjend (Inf) Ayub Akbar. (DISKOMINFO KOTA BAUBAU FOR KENDARI POS)
ANGGARAN PENGAMANAN : Pemkot Baubau bersama Pemkab Buton, Buton Tengah dan Buton Selatan sepakat menandatangani NPHD anggaran pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang bersama Danrem 143 Halu Oleo, Brigjend (Inf) Ayub Akbar. (DISKOMINFO KOTA BAUBAU FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Empat Pemerintah Daerah di Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Tengah dan Buton Selatan, sepakat menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) anggaran pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) gubernur dan bupati/wali kota. Nota perjanjian tersebut disepakati bersama Komandan Korem (Danrem) 143 Halu Oleo, Brigjend (Inf) Ayub Akbar.

Penandatanganan NPHD tersebut turut disaksikan jajaran Forkompinda, KPU dan Bawaslu masing-masing otorita. Pj Wali Kota Baubau, Dr. Muh. Rasman Manafi, menjelaskan, kesempatan penandatanganan NPHD sudah dinantikan selama sebulan. Sebab sebelumnya telah dilakukan pembahasan terkait hibah anggaran serupa bagi KPU dan Bawaslu. Kemudian menyusul pembahasan lebih lanjut bersama aparat keamanan, TNI dan Polri.

Menurutnya, momentum penandatanganan NPHD pada satu tempat bagi empat Pemerintah Daerah tersebut menjadi salah langkah percepatan. Sementara untuk Bawaslu dan KPU, dilaksanakan di wilayah masing-masing.

“Alhamdulillah kita bisa selenggarakan bersama TNI dan perwakilan Bupati Buton, Buton Tengah serta Buton Selatan. Terima kasih yang besar dan tulus kepada Danrem 143 Halu Oleo yang berkesempatan berkunjung ke Kota Baubau sekaligus dilakukan penandatanganan NPHD ini,” apresiasi Muh. Rasman Manafi, selaku tuan rumah penyelengaraan seremoni penandatanganan tersebut, kemarin.

Ia memaparkan, sejak dulu Baubau merupakan wilayah ibu kota saat menjadi Kabupaten Sulawesi Tenggara yang tergabung dalam Provinsi Sulawesi Selatan Tenggara. Begitu juga saat menjadi otorita mandiri di Provinsi Sulawesi Tenggara dan menjadi empat wilayah, Buton, Muna, Kolaka dan Kendari, Baubau sebagai ibu kota Kabupaten Buton.

“Hari ini Baubau tetap menjadi kota setelah Kabupaten Buton dimekarkan menjadi beberapa wilayah. Jadi wilayah Baubau ini memang sejak dulu sebagai tempat pertemuan dan salah satu wujudnya, kita bertemu untuk menandatangani NPHD,” sambungnya.

Danrem 143 Halu Oleo, Brigjend (Inf) Ayub Akbar, berterima kasih atas dukungan empat Pemerintah Kota dan Kabupaten tersebut dalam rangka pengamanan Pilkada gubernur serta bupati/ wali kota. “Ini suatu kepercayaan dan penghormatan, sehingga kami akan memanfaatkan dana yang ada dengan sebaik-baiknya. Kami akan mengamankan dan menyukseskan kegiatan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 ini,” komitmen Ayub Akbar. (b/lyn)

  • Bagikan