La Ode Butolo Berikan Insentif 549 Ketua RT

  • Bagikan
Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo (depan/bersalaman) menyerahkan insentif tambahan bagi ketua RT di Mubar. Tampak Sekab Mubar, LM Husein Tali (tengah) dan Kepala BPMD Mubar, Aswin (belakang) mendampingi. (Akhirman/Kendari Pos)
Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo (depan/bersalaman) menyerahkan insentif tambahan bagi ketua RT di Mubar. Tampak Sekab Mubar, LM Husein Tali (tengah) dan Kepala BPMD Mubar, Aswin (belakang) mendampingi. (Akhirman/Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Program peningkatan kesejahteraan terhadap ketua rukun tetangga (RT) di Kabupaten Muna Barat (Mubar) melalui tambahan insenstif kembali dilanjutkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Mubar, La Ode Butolo. Hal itu terlihat dari langkah nyata La Ode Butolo yang menyalurkan insentif kepada 549 ketua RT.

“Kita serahkan dana insentif tambahan bagi para ketua RT yang ada di Mubar. Nilainya sebesar Rp 300 ribu per bulan buat setiap orang,” kata La Ode Butolo.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Mubar, Aswin mengungkapkan penyaluran dana insentif ketua RT se Mubar merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Karena pada Desember 2023, penyaluran insentif tambahan para ketua RT belum dilakukan seluruhnnya. “Sebenarnya di Desember 2023 sudah sebagian diserahkan. Tetapi ada kebijakan, makanya nanti sekarang ini kembali dilakukan oleh pak Pj secara langsung sekaligus tatap muka dengan para ketua RT,” ungkapnya. Kata Aswin, dana tambahan insentif para ketua RT itu bersumber dari APBD Mubar 2023. Makanya penyaluran insentif para ketua RT untuk hitungan bulan Oktober, November dan Desember 2023. “Total RT kita yang menerima tambahan insentif sebanyak 549 orang. Itu sudah termasuk RT tingkat kelurahan. Dengan total jumlah insentif yang diterima sebesar Rp 900 ribu untuk tiga bulan,” terangnya.

Ia menambahkan, RT merupakan ujung tombak di pemerintahan desa yang melakukan dan melaksanakan kegiatan kemasyarakatan. Namun dalam menjalankan tugasnya selama ini mereka hanya mendapat honor Rp 500 ribu perbulan yang bersumber dari ADD. Makanya hari ini Pemkab Mubar memberikan tambahan insentif bagi mereka sebesar Rp 300 ribu perbulan. Sehingga sebulan para ketua RT bisa menerima honor Rp 900 ribu. “Harapan kita dengan meningkatnya honor adalah kinerja mereka ditingkatkan,” pungkasnya. (ahi/c)

  • Bagikan