Djoni Gerry Gantikan Mendiang Syafaruddin Sunu

  • Bagikan
JUMLAH LENGKAP : Ketua DPRD Kolaka, Syaifullah Halik (kiri) ketika melantik pengganti antar waktu Anggota DPRD Kolaka sisa masa jabatan 2019-2024, Djoni Gerry, kemarin. (ZULFADLY NUR/KENDARI POS)
JUMLAH LENGKAP : Ketua DPRD Kolaka, Syaifullah Halik (kiri) ketika melantik pengganti antar waktu Anggota DPRD Kolaka sisa masa jabatan 2019-2024, Djoni Gerry, kemarin. (ZULFADLY NUR/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Wafatnya Anggota DPRD Kolaka, Syafaruddin Sunu, pada Oktober 2023 lalu membuat jumlah legislator berkurang. Setelah melalui proses, kursi yang telah ditinggalkan tersebut kini diduduki oleh Djoni Gerry. Kamis (18/1), DPRD Kolaka menggelar rapat paripurna pengambilan sumpah/ janji pemberhentian dan pengangkatan pengganti antar waktu (PAW) Anggota DPRD Kolaka kepada Djoni Gerry menggantikan Syafaruddin Sunu dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sisa masa jabatan 2019-2024.

Ketua DPRD Kolaka, Syaifullah Halik, yang memimpin langsung rapat paripurna tersebut menjelaskan, PAW tersebut telah melalui proses seusai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Menurutnya, PAW merupakan peristiwa lazim terjadi di lembaga legislatif. “PAW itu disebabkan oleh beberapa hal yaitu anggota sebelumnya meninggal dunia, memundurkan diri atau diberhentikan sesuai peraturan perundang- undangan,” jelas Syaifullah, kemarin.

Dalam sambutannya, Legislator Partai Gerindra tersebut mengingatkan Djoni Gerry terkait tugas dan fungsi anggota DPRD. Ia berharap, Djoni dapat melaksanakan amanah sebagai wakil rakyat dengan baik.

“Keberadaan kita di DPRD Kolaka ini tidak lepas dari dukungan rakyat. Olehnya itu, harus ada tanggung jawab moral yang dikembalikan kepada rakyat yang telah memercayakan kita sebagai wakilnya di lembaga dewan terhormat ini,” tutur Syaifullah.

Ia menambahkan, dengan dilantiknya Djoni, maka jumlah legislator di Parlemen Kolaka saat ini menjadi 29 orang. “Jadi kami masih akan melakukan pelantikan PAW lagi untuk mengganti Muhammad Gassing yang memundurkan diri. Saat ini proses PAW-nya juga sementara diproses dan jika dalam waktu dekat bisa tuntas maka pelantikannya bisa digelar bulan ini juga,” harap Syaifullah.

Sementara itu, Djoni Gerry yang ditemui sesuai pelantikan, berjanji akan memerjuangkan aspirasi rakyat, khususnya di daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Kolaka dan Latambaga. “Pekan depan akan ada reses dan saya akan langsung turun ke lapangan untuk menyerap aspirasi rakyat. Setelah itu saya akan berusaha perjuangkan itu di DPRD agar bisa direalisasikan,” janji Legislator Parta Perindo tersebut. (b/fad)

  • Bagikan