Tak Usah Gelisah, Gaji Siap Dibayar

  • Bagikan
Kepala BKAD Konsel, H. Nisbanurrahim
Kepala BKAD Konsel, H. Nisbanurrahim

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) diminta tak perlu khawatir dengan persoalan pembayaran gaji di awal tahun 2024 ini. Pemkab setempat melalui Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) telah menyiapkan anggaran untuk pembayaran salary ribuan ASN tersebut selama bulan Januari dan Februari.

“Kami telah siap untuk membayarkan gaji ASN tanpa harus menunggu daftar pelaksanaan anggaran (DPA) selesai. Karena gaji ini satu hal yang penting dibutuhkan seluruh pegawai,” kata Kepala BKAD Konsel, H. Nisbanurrahim, kemarin. Meski begitu, ia menegaskan, semua proses pembayaran akan dilakukan jika telah memenuhi persyaratan yang berlaku. Artinya para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah mengusulkan bendaharanya yang telah mendapat surat keputusan (SK) oleh bupati.

“Jika sudah, kami siap menyalurkan gaji pegawai negeri di Kabupaten Konawe Selatan. Tanpa harus menunggu dana alokasi umum (DAU ) dari Pemerintah Pusat,” janji Nisbanurrahim. Lebih lanjut ia menjelaskan, sebenarnya sudah ada surat perintah pencairan dana (SP2D) dari Kementerian Keuangan RI sejak 2 Desember 2023 lalu, tetapi masih dalam bentuk format pdf. “Berarti kami belum menindaklanjutinya. Masih tertahan di pusat,” sebutnya.

Olehnya itu ada dana di Bendahara Umum Daerah (BUD) yang telah disiapkan. Nisbanurrahim menyebut, terhitung sampai per 31 Desember 2023 lalu, dana yang tersisa di BUD Konsel kurang lebih Rp 147 miliar. “Anggaran itu kita prioritaskan untuk gaji agar para ASN bisa bekerja maksimal dan tidak malas-malasan karena alasan belum gajian. Sehingga pelayanan pemerintahan tetap berjalan optimal,” ujarnya. (b/ndi)

  • Bagikan