Raih Akreditasi Utama, Bersiap Menuju Paripurna

  • Bagikan
MENUJU PARIPURNA : Pelayanan di RSUD Konkep terus ditingkatkan. Mulai dari membenahi dan melengkapi infrastruktur hingga meraih pengakuan akreditasi utama. (MUHAMMAD RAJIB HASLIM/KENDARI POS)
MENUJU PARIPURNA : Pelayanan di RSUD Konkep terus ditingkatkan. Mulai dari membenahi dan melengkapi infrastruktur hingga meraih pengakuan akreditasi utama. (MUHAMMAD RAJIB HASLIM/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konawe Kepulauan (Konkep) terus berupaya memberikan pelayanan prima dan maksimal pada masyarakat di Bumi Pulau Kelapa. Sebagai bentuk peningkatan pelayanan prima dan maksimal itu, pihak RSUD Konkep mendapat pengakuan dari Kementerian Kesehatan dengan berhasil meraih akreditasi utama.

Direktur Utama RSUD Konkep, dr. Ulam Fridslan, MARS, FISQua, mengatakan, sebelumnya sudah melakukan akreditasi pertama pada tahun 2019 dan mendapatkan peringkat madya dengan tipe D Pratama. Dalam penilaian akreditasi itu terdapat empat tingkatan, mulai dari dasar, madya, utama dan paripurna.

“Ditahun 2023, tipe RSUD Konkep itu naik jadi tipe D. Setelah itu kita lakukan akreditasi dan alhamdulillah jadi utama. Implikasinya terjadi peningkatan baik dari segi pelayanan maupun fasiltas penunjang di RSUD Konkep,” ujar dr. Ulam Fridslan, MARS, FISQua, Jumat (5/1).

Ia melanjutkan, akreditasi itu merupakan penilaian paling utama bagi Rumah Sakit yang ada di Indonesia.

“Karena untuk peningkatan akreditasi itu banyak aspek dan poin yang dinilai, bukan hanya sekadar alat-alat kesehatan, saja tetapi pelayanannya seperti apa dan bahkan karyawannya juga dinilai. Jadi semua aspek yang ada di RSUD baik fisik maupun nonfisik diperhatikan,” ungkapnya.

Ulam Fridslan menjelaskan, langkah yang dilakukan dalam proses mendapatkan akreditas utama ini pihaknya melakukan peningkatan mulai dari sarana dan prasarana, pelayanan, standarisasi alat-alat kesehatan maupun ruangan. Namun begitu pihaknya tidak cukup untuk diakreditas utama, akan tetapi terus mengusahakan naik hingga mendapat pengakuan paripurna.

“Yang jelas kami bukan cuma ingin memertahankan akreditas ini, tetapi mengusahakan untuk terjadi peningkatan. Karena tinggal satu langkah lagi menuju paripurna, yakni penyediaan fasiltas radiologi. Jadi mulai sekarang kita sudah mengurus izinnya dan menyiapkan petugas-petugas khusus. Selain itu ditahun ini akan menambah alat-alat radiologi,” pungkas Ulam Fridslan. (b/jib)

  • Bagikan